Solar Langka, Bisnis Logistik di Daerah Setop Beroperasi

Tia Dwitiani Komalasari
29 Maret 2022, 11:45
Foto udara sejumlah truk mengantre untuk mengisi bahan bakar solar bersubsidi di SPBU Paal Lima, Kota Baru, Jambi, Jumat (25/3/2022).
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Foto udara sejumlah truk mengantre untuk mengisi bahan bakar solar bersubsidi di SPBU Paal Lima, Kota Baru, Jambi, Jumat (25/3/2022).

Kelangkaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di Sulawesi, Kalimantan, serta beberapa wilayah Sumatera membuat bisnis logistik terpukul. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) melaporkan beberapa anggotanya terpaksa menghentikan sementara kegiatan operasionalnya akibat kelangkaan solar.

Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan banyak menerima keluhan dari pelaku usaha logistik di daerah mengenai kelangkaan BBM jenis solar. Pengusaha logistik dalam kondisi kritis karena pasokan BBM jenis solar sangat menipis. Bahkan mereka tidak berani mengeluarkan armadanya lantaran harus antre hingga berhari-hari untuk memperoleh solar.

“Ada yang mengeluhkan berhenti. Daripada antre berhari-hari, ya udah disetop saja,”kata Yukki saat dihubungi Katadata, Selasa (29/3/2022).

Yuki mengatakan, kelangkaan solar menyebabkan kerugian pada pengusaha logistik. Apalagi banyak pelaku usaha itu yang masih memiliki kewajiban membayar cicilan kredit ke bank.

Menurut dia, pemerintah perlu duduk bersama dengan PT Pertamina dan pelaku usaha untuk mencari solusi yang terbaik. Jika perlu, Yukki mengusulkan agar subsidi Solar dihapuskan saja sehingga pelaku usaha bisa memperoleh kepastian dan bekerja normal.

"Seharusnya jika ada penyaluran BBM Solar bersubsidi, bisa dipastikan jaminan ketersediaanya. Jangan sampai BBM jenis itu digunakan tidak sesuai peruntukannya. Saat ini  kebanyakan digunakan oleh kendaraan pengangkut sawit maupun pertambangan yang semestinya tidak mendapatkan jatah subsidi," ucap Yukki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...