Biden Umumkan Bantuan Senjata Senilai Rp 2,17 Triliun untuk Ukraina

Tia Dwitiani Komalasari
7 Mei 2022, 14:51
Jonathan ErnstRudal anti-tank Javeline diperlihatkan di jalur perakitan saat Presiden AS Joe Biden mengunjungi pabrik senjata Lockheed Martin di Troy, Alabama, AS, Selasa (3/5/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/WSJ/sad.
Jonathan ErnstRudal anti-tank Javeline diperlihatkan di jalur perakitan saat Presiden AS Joe Biden mengunjungi pabrik senjata Lockheed Martin di Troy, Alabama, AS, Selasa (3/5/2022).

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menandatangani paket bantuan senjata baru senilai US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,17 triliun (kurs Rp 14.489 per US$) untuk Ukraina pada Jumat (6/5). Dana tersebut akan digunakan untuk menyediakan amunisi artileri tambahan, radar, dan peralatan lainnya sehingga bisa membantu Ukraina melawan invasi Rusia.

"Hari ini, Amerika Serikat melanjutkan dukungan kami untuk orang-orang pemberani Ukraina saat mereka membela negara mereka melawan agresi Rusia yang sedang berlangsung," kata Biden dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/5).

Amerika Serikat telah mengirimkan persenjataan senilai US$ 3,4 miliar ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari 2022. Persenjataan itu termasuk howitzeranti-aircraft Stinger systems, rudal anti-tank Javelin, amunisi, dan drone "hantu" yang baru-baru ini diungkapkan.

Bulan lalu, Biden mengusulkan paket bantuan senilai US$ 33 miliar untuk Ukraina. Paket bantuan senjata baru untuk Ukraina harus mendapatkan persetujuan Kongres AS.

Dewan Perwakilan Rakyat dan para pemimpin Senat AS mengatakan mereka ingin bergerak cepat untuk memutuskan persetujuan terhadapa bantuan tersebut. Namun,  mereka belum mengatakan kapan mereka akan memberikan suara atas permintaan Biden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...