Mentan Sebut Stok Hewan untuk Idul Adha Cukup Meski Ada Wabah PMK

Andi M. Arief
11 Mei 2022, 18:21
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (tengah) meninjau sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku di salah satu peternakan di Desa Sembung, Gresik, Jawa Timur, Selasa (10/5/2022). Kementerian Pertanian ber
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Ds/rwa.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (tengah) meninjau sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku di salah satu peternakan di Desa Sembung, Gresik, Jawa Timur, Selasa (10/5/2022). Kementerian Pertanian bersama dinas terkait akan memproduksi vaksin untuk menangani wabah PMK yang telah menjangkit ribuan sapi di Gresik, Lamongan, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Kementerian Pertanian (Kementan) optimistis kebutuhan hewan ternak untuk Idul Adha 2022 dapat terpenuhi. Sebab, Idul Adha 2022 diperkirakan hanya menyerap sekitar 10%-20% dari ketersediaan hewan ternak nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, rumah potong hewan (RPH) masih dapat menyerap hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun demikian, pemotongan hewan terjangkit PMK harus didampingi oleh tenaga kesehatan yang disediakan oleh Kementan. 

"Menghadapi Idul Kurban, semua terantisipasi oleh Kementerian Pertanian. Ini membutuhkan kerja sama semua pihak, sehingga semua bisa berjalan sesuai harapan," kata Syahrul dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/5). 

Syahrul memastikan seluruh RPH di dalam negeri, khususnya di daerah terjangkit, akan didampingi oleh tenaga kesehatan. Langkah ini diharapkan akan mencegah penjualan liar dari pemotongan hewan yang terjangkit PMK.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Nasrullah, optimistis ketersediaan hewan ternak untuk kebutuhan kurban akan tersedia. Oleh karena itu, Nasrullah akan segera menerbitkan standar prosedur operasi (SOP) untuk memperketat pergerakan hewan ternak antar wilayah di dalam negeri. 

"Ini lagi kami bahas terus. Mudah-mudahan 1-2 minggu sebelum Idul Adha 2022 rampung, sehingga kaum muslim bisa mengadakan kurban dengan aman dan sehat," kata Nasrullah. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...