Alasan Harga Minyak Goreng Masih di Atas HET Meski Pasokan Melimpah

Andi M. Arief
25 Mei 2022, 15:51
Pedagang mengemas minyak goreng curah yang dijual di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan menghentikan program subsidi minyak goreng curah pada 31 Mei 2022, langkah tersebut diamb
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Pedagang mengemas minyak goreng curah yang dijual di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan menghentikan program subsidi minyak goreng curah pada 31 Mei 2022, langkah tersebut diambil setelah harga barang kebutuhan pokok itu mulai mengalami penurunan pada pekan ini.

Pemerintah telah menyalurkan 120.123 ton  minyak goreng curah pada 1-22 Mei 2022 atau 61,72% dari total konsumsi minyak goreng curah nasional per bulan. Namun demikian, harga minyak goreng curah masih belum mencapai harga eceran tertinggi (HET) senilai Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (Kg). 

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) mendata rata-rata harga minyak goreng curah nasional senilai Rp 18.550 per Kg pada hari ini, Rabu (25/5). Provinsi dengan rata-rata harga minyak goreng curah yang sesuai HET hanya terjadi di Bengkulu, yakni Rp 14.250 per Kg. 

Advertisement

"Masyarakat masih belum confident bahwa minyak (goreng curah) itu ada (di pasar). Inilah yang dijadikan kesempatan oleh pengecer," kata Direktur Jenderal Industri Agro Putu Juli Ardika dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR, Rabu (24/5).

Putu menekankan pemerintah akan melakukan pengawasan lebih ketat terhadap ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng melalui penerbitan dua Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag). Aturan yang dimaksud adalah Permendag No. 30-2022 dan Permendag No. 33-2022. Kedua aturan tersebut akan membuka keran ekspor, menerapkan aturan kewajiban pasar domestik, (DMO), dan memperketat penelusuran minyak goreng curah dari produsen hingga konsumen. 

Salah satu strategi yang diterapkan Putu adalah menempatkan fasilitas penyimpanan minyak goreng curah di distributor dan pengecer. Jalur distributor minyak goreng curah sejauh ini melalui tiga tahap yakni distributor, sub-distributor, dan pengecer. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan akan meningkatkan akurasi data harga minyak goreng curah agar mencerminkan harga riil di pasar tradisional. Salah satu caramnya dengan mengawasi 10.000 dari 16.100 unit pasar tradisional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement