KAI Uji Coba Stasiun Matraman, Layani KRL Cikarang - Kampung Bandan

Tia Dwitiani Komalasari
17 Juni 2022, 13:26
Pekerja berada di Stasiun Matraman, Jakarta, Senin (13/6/2022). KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada di antara Stasiun Manggarai dan Stasiun Ja
ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz
Pekerja berada di Stasiun Matraman, Jakarta, Senin (13/6/2022). KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada di antara Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara dan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut.

PT KAI Commuter bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan uji coba operasional hari pertama terhadap Stasiun Matraman, Jakarta Timur.  Stasiun Matraman akan melayani perjalanan KRL tujuan Cikarang-Jatinegara-Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan.

"Stasiun Matraman bisa menjadi kemudahan aksesibilitas pengguna jasa komuter, khususnya Kampung Melayu, Stasiun Senen, Cempaka putih dan sekitarnya," kata Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter, Anne Purba ​​​​​​​di Jakarta, Jumat (17/6).

Anne mengatakan, uji coba akan berlangsung selama sepekan. Stasiun Matraman berfungsi sebagai selter sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

"Karena biasanya (pengguna) yang turun di Stasiun Manggarai tidak transit. Jadi, bisa turun di Matraman," ujar Anne.

Anne mengatakan, kehadiran stasiun selter itu diharapkan dapat melayani sekitar 2000 penumpang per hari. "Volume pengguna bukan tujuan utama, karena kami sedang melakukan uji coba," kata Anne.

 Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten  Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, Rode Paulus, menjelaskan bahwa kegiatan uji coba Stasiun Matraman dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan kesiapannya sebelum dioperasikan.

“Kami tidak ingin gegabah dalam mengoperasikan Stasiun Matraman dan ingin memastikan bahwa fasilitas penunjang di stasiun ini betul-betul siap untuk melayani penumpang,” kata Rode dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/6).

Rode mengatakan, salah satu fasilitas pelayanan yang mendapat perhatian khusus dalam kegiatan pengecekan ini adalah fasilitas eskalator dan lift yang menghubungkan area concourse dengan peron.

Sebelumnya, disampaikan bahwa Stasiun Matraman akan mulai diuji coba dengan skema naik-turun penumpang. Meski secara fisik bangunan dan fasilitas stasiun ini sudah siap dan layak operasi, Rode mengaku bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru dan ingin memastikan kembali kelayakan stasiun dari segi keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...