Cara Beli Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter dengan PeduliLIndungi

Konsumen wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi jika ingin membeli minyak goreng curah rakyat seharga Rp 14.000 per liter mulai Juli 2022.
Tia Dwitiani Komalasari
25 Juni 2022, 15:05
PeduliLindungi untuk Migor
Istimewa

Pemerintah melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk penjualan dan pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) selama dua pekan ke depan. Setelah sosialisasi selesai, pembelian MGCR harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Masa sosialisasi akan dimulai besok Senin (27/6) dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan. Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisa mendapatkan MGCR dengan harga eceran tertinggi (HET),” ujar Menko Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (24/6).

Luhut mengatakan, pembelian MGCR di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kg untuk satu NIK per harinya. Konsumen dijamin bisa memperoleh MGCR dengan harga eceran tertinggi, yakni Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

 Berikut cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng:

Advertisement

1. Datang ke toko pengecer yang menjual MGCR

Konsumen dapat mendatangi kios, toko, atau warung yang memasang tanda QR code "Penjualan Minyak Goreng Curah Rakyat". Konsumen juga dapat mengakses www.minyak-goreng.id untuk dapat melihat titik terdekat penjualan di wilayah tempat tinggalnya.

2. Scan QR code yang ada di pengecer

Scan QR code dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi di ponsel. Caranya sama seperti melakukan QR code untuk pemeriksaan vaksinasi Covid-19.

Jika tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi, konsumen masih bisa membeli minyak goreng dengan menggunakan KTP. Serahkan KTP tersebut pada penjual untuk dicatat NIK-nya.

3. Perlihatkan hasil Scan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi

Jika hasil scan berwarna hijau, konsumen bisa membeli MGCR maksimal 10 kg per hari. Namun jika berwarna merah, konsumen tidak bisa membeli MGCR.

 Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat rata-rata harga minyak goreng curah harian di pasar modern sebesar Rp 18.150 per kg, data per Kamis, 23 Juni 2022. Secara keseluruhan, rata-rata minggu ini turun dibandingkan rata-rata pekan sebelumnya yang tercatat Rp. 18.210 per kg.

Harga minyak goreng curah harian di pasar modern Sulawesi Utara menjadi yang termahal se-Indonesia dengan harga jual Rp 24.600 per kg.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait