Mendag Sebut Harga Minyak Goreng Curah di Jawa-Bali Sudah Sesuai HET

Andi M. Arief
5 Juli 2022, 10:56
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng saat meninjau bahan pokok dan minyak goreng di Pasar Ciracas, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk melihat dan memantau langsung harga bahan pokok dan minyak gore
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng saat meninjau bahan pokok dan minyak goreng di Pasar Ciracas, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk melihat dan memantau langsung harga bahan pokok dan minyak goreng serta titik penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan harga minyak goreng curah telah sesuai harga eceran tertinggi (HET) senilai Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg di Jawa, Sumatera, dan Bali. Pemerintah menilai harga minyak goreng curah masih belum sepenuhnya merata karena masalah logistik. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, rata-rata harga minyak goreng curah secara nasional masih senilai Rp 15.000 per liter. Menurut dia, harga minyak goreng curah di beberapa daerah yang jauh dari daerah produksi masih tinggi karena mahalnya biaya logistik. 

Advertisement

"Papua dan Maluku, itu memang kami ada masalah logistik. Ongkos kirim mahal, apalagi minyak itu berat, ongkosnya mahal," kata Zulkifli di Pasar Ciracas, Selasa (5/6). 

Zulkifli menilai peluncuran penjualan Minyak Kita dapat menjadi jawaban atas tingginya biaya logistik tersebut. Dengan demikian, dia berharap rata-rata harta minyak goreng curah di bagian timur Indonesia dapat turun dari posisi saat ini senilai Rp 20.000 per liter. 

Namun demikian, data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional (PIHPSN) menyebutkan bahwa rata-rata harga minyak goreng curah nasional masih mencapai  Rp 17.050 per kg pada hari ini, Selasa (5/6). Daerah dengan rata-rata harga minyak goreng curah tertinggi adalah Maluku Utara atau senilai Rp 24.750 per Kg. Sementara itu, rata-rata harga minyak goreng curah terendah ditemui di Jawa Timur atau hanya Rp 14.350 per Kg. 

Sebelumnya, Zulkifli mengatakan bahwa harga Minyak Kita akan dicetak langsung pada kemasannya. Menurutnya, hal ini untuk memastikan konsumen mendapatkan harga jual  sesuai dengan ketentuan pemerintah. 

"Minyak goreng (curah) tetap ada. Bahwa kalau semua orang sudah pindah (mengonsumsi minyak goreng kemasan sederhana), ya itu nanti. Tapi, minyak goreng curah tetap ada (di pasar)," kata Zukifli.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement