Terbang dari Beijing, Jokowi dan Iriana Tiba di Tokyo

Tia Dwitiani Komalasari
27 Juli 2022, 08:58
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Haneda, Jepang, Rabu dini hari (27/7).
BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Haneda, Jepang, Rabu dini hari (27/7).

Setelah menempuh penerbangan selama tiga jam dari Beijing, Presiden Joko Widodo(Jokowi) dan Ibu Iriana tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu (27/7) pukul 00.30 waktu setempat.

Turun dari pesawat Garuda Indonesia GIA-1, Presiden Joko Widodo disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Miyake Shingo, Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji,  dan Dubes RI Tokyo Heri Akhmadi. Jokowi dan Iriana kemudian menuju hotel tempatnya menginap di Tokyo dan melanjutkan kunjungan kerjanya di pagi hari.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Tokyo yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sejak Senin (25/7), Presiden Jokowi memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi. Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN sekaligus mitra penting dalam konteks G20.

Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang termasuk kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur hingga perikanan.

Presiden Jokowi telah bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7). Pertemuan bilateral melahirkan tujuh kesepakatan kerja sama kedua negara di beberapa bidang.

Dari pertemuan hari ini, tujuh kesepakatan yang ditandatangani yakni:  

1. Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative

2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...