Kapal Pertama Pengangkut Ekspor Biji-bijian Ukraina Berangkat ke Turki

Tia Dwitiani Komalasari
1 Agustus 2022, 19:55
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api akibat serangan rudal ke Pelabuhan Odesa, Ukraina, Sabtu (23/7).
Press service of the Joint Forces of the South Defence/Handout via REUTERS
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api akibat serangan rudal ke Pelabuhan Odesa, Ukraina, Sabtu (23/7).

Sebuah kapal yang mengangkut biji-bijian telah berangkat dari pelabuhan Odesa di Ukraina dan dijadwalkan tiba di Istanbul, Turki, pada Selasa (2/8) pukul 12.00 GMT (19.00 WIB).  Kapal itu merupakan pengangkut ekspor pertama pasca kesepakatan Rusia dan Ukraina yang ditengahi oleh Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kapal itu akan berlabuh di lepas pantai Istanbul sekitar pukul 15.00 (waktu setempat) untuk inspeksi bersama," kata kata Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar kepada Anadolu di Ankara, seperti dikutip dari Antara, Senin (1/8).

Kapal kargo Razoni berbendera Sierra Leone itu membawa  26.527 ton jagung. Setelah inspeksi di Istanbul, kapal akan melanjutkan perjalanan ke Tripoli, Libya.

Akar mengatakan bahwa upaya pengiriman biji-bijian dari Ukraina akan terus berlanjut, karena hal itu merupakan "masalah kemanusiaan". "Kapal-kapal berikutnya juga akan terus berjalan tanpa gangguan," kata dia, menegaskan.

Pengiriman ekspor tersebut merupakan buah dari kesepakatan Rusia dan Ukraina yang ditengahi oleh Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dua negara tersebut menandatangani kesepakatan untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina yaitu Odesa, Chernomorsk, dan Yuzhny, guna melanjutkan ekspor biji-bijian yang telah terhenti selama berbulan-bulan akibat perang yang sedang berlangsung.

Untuk mengawasi ekspor biji-bijian Ukraina, pusat koordinasi bersama di Istanbul secara resmi telah dibuka. Pusat koordinasi tersebut beranggotakan perwakilan dari Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina untuk menyediakan transportasi yang aman bagi kapal-kapal dagang yang mengangkut bahan pangan komersial dan pupuk dari tiga pelabuhan utama Ukraina di Laut Hitam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...