Gantikan Halim Sementara, Bandara Pondok Cabe Operasi Komersial Besok

Tia Dwitiani Komalasari
4 Agustus 2022, 13:21
Petugas kargo melakukan bongkar muat bagasi dari Pesawat ATR 72 Wings Air yang baru mendarat dari Bandara Tunggul Wulung Cilacap di Apron Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/7/2022). Maskapai Wings Air melakukan uji coba pendaratan dan
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Petugas kargo melakukan bongkar muat bagasi dari Pesawat ATR 72 Wings Air yang baru mendarat dari Bandara Tunggul Wulung Cilacap di Apron Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/7/2022). Maskapai Wings Air melakukan uji coba pendaratan dan evaluasi rute, maskapai Lion Air Group tersebut rencananya akan membuka rute baru dari Bandara Pondok Cabe menuju Tanjung Karang Lampung, Tasikmalaya, Purbalingga, Cepu Blora dan Sumenep Madura.

Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, beroperasi secara komersil mulai besok, Jumat 5 Agustus 2022. Namun demikian, operasional secara komersial tersebut hanya bersifat sementara selama revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan bahwa beroperasinya bandara Pondok Cabe dari bandara khusus menjadi bandara umum ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2022. 

"Sesuai Keputusan Menteri No. 13 th 2022, beroperasinya Pondok Cabe dari bandara khusus jadi bandara umum berlaku sementara saja selama revitalisasi Halim," ujarnya kepada Katadata, Kamis (4/8).

Dia mengatakan, maskapai Wings Air akan beroperasi komersial berjadwal di bandara Pondok Cabe tersebut. Hingga saat ini, dirinya belum mendapatkan informasi mengenai rencana penambahan rute lain atau maskapai lain.

"Tentang tambahan (rute) lain, sangat tergantung dari maskapainya sendiri," katanya.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan Wings Air akan mengoperasikan pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500 untuk penerbangan dari Pondok Cabe. ATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de transport régional) merupakan perusahaan pesawat terbang buatan Prancis-Italia.

"Seluruh operasional dan layanan penerbangan dijalankan menurut ketentuan yang berlaku, memenuhi aspek-aspek yang memenuhi keselamatan, keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Pesawat didesain dengan daya angkut 72 kelas ekonomi, dengan konfigurasi atau tata letak 2-2. Wings Air telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada.

"Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat)," ujarnya.

Saat ini, terdapat tiga rute yang akan dilayani oleh Wings Air melalui Bandara Pondok Cabe. Berdasarkan penelusuran di website resmi Lion Air, berikut rincian jadwal dan harga tiket tiga rute tersebut pada 5 Agustus 2022:

1. Pondok Cabe (PCB) - Ngloram Cepu (CPF)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...