Trade Expo Indonesia Digelar Oktober, Ada Jakarta Muslim Fashion Week

Tia Dwitiani Komalasari
10 Agustus 2022, 18:03
Terdapat juga pernak pernik seperti kalung yang di jajahkan dalam acara Threas Expo 2018, ICE BSD (24/10).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Terdapat juga pernak pernik seperti kalung yang di jajahkan dalam acara Threas Expo 2018, ICE BSD (24/10).

Kementerian Perdagangan membidik transaksi hingga US$ 10 miliar pada gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37. Trade Expo Indonesia akan diselenggarakan pada 19-23 Oktober 2021 untuk sesi luar jaringan (luring) di ICE BSD, Tangerang, dan 19 Oktober-19 Desember 2022 untuk sesi dalam jaringan (daring).

"Jika pada TEI tahun lalu membukukan transaksi US$ 6,06 miliar dolar AS, maka kami optimistis tahun ini Insya Allah dapat mencapai0 US$ 10 miliar," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meresmikan TEI ke-37 di Jakarta, Rabu (10/8).

Advertisement

Mendag menyampaikan, kegiatan promosi, misi dagang, pameran, pertemuan bisnis, yang saat ini hanya dapat dilakukan secara terbatas, akan dituangkan dalam acara promosi terintegrasi, yakni TEI ke-37. Dengan mengangkat tema "Strengthening Global Market for Stronger Recovery", TEI ke-37 dapat menjadi titik balik kembalinya geliat ekonomi Indonesia dan global pascapandemi.

Mendag menyampaikan, TEI 37 akan memberikan kemudahan, kenyamanan bagi para pengunjung dan buyers dengan dapat melihat langsung produk-produk berkualitas yang dipamerkan.Selain itu, melalui platform digital, kegiatan interaktif  antara seller dan buyer berjalan lebih efisien dan efektif.

Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dan pusat fesyen muslim dunia, Kemendag juga akan menggelar Jakarta Muslim Fashion Week pada 20-22 Oktober 2022, sebagai rangkaian dari kegiatan TEI ke-37.

"Kami juga akan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan asosiasi untuk menyukseskan acara tersebut," ujar Mendag.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan, TEI ke-36 tahun lalu dilaksanakan dengan konsep digital. Trade Expo Indonesia berhasil diikuti oleh 834 peserta dengan pembeli berjumlah 8.220 dan pengunjung 32.030 dari mancanegara.

"Acara tersebut membukukan capaian transaksinya 6,06 miliar dolar AS," ujar Didi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement