Tol Indralaya-Prabumulih Beroperasi 2023, Pangkas 50% Waktu Perjalanan

Tia Dwitiani Komalasari
24 Agustus 2022, 14:22
Foto udara pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (18/3/2021).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Foto udara pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (18/3/2021).

Ruas Tol Indralaya-Prabumulih, Sumatera Selatan siap dibuka untuk masyarakat umum pada awal tahun 2023. Progress pembangunan infrastruktur yang termasuk dalam Jalan Tol Trans Sumatera ini telah mencapai 77,35%.

Proyek Direktur Tol Simpang Indralaya-Prabumulih PT Hutama Karya Sarjono di Palembang, Rabu, mengatakan, progres pembangunan ruas tol tersebut sudah melebihi dari target seharusnya sebesar 75,46 % pada pekan ini. “Artinya sudah sebagian dari total panjang tol yang sudah dibangun,” kata dia.

Pembangunan ruas tol ini sudah dilakukan sejak pertengahan 2019 dengan target selesai pada Februari 2023. Sejauh ini untuk progres penyediaan lahan sudah mencapai 95,69% persen karena tak menemukan kendala berarti dalam pembebasannya.

 Apabila jalan tol ini sudah beroperasi maka diperkirakan waktu tempuh Kota Palembang-Prabumulih hanya satu  jam atau menurun hingga 50 persen dari sebelumnya. Jalan Tol Trans Sumatera ruas simpang Indralaya-Prabumulih-Muara Enim memiliki panjang jalan utama 64,500 km, panjang akses 9,872 km, jumlah lajur 2×2 lajur, dan dua simpang susun.

Tol  Indralaya-Muara Enim ini memiliki struktur delapan overpass, 18 buah jembatan, 10 box underpass, dua simpang susun, satu rest area, dan 86 box culvert. Dengan konstruksi tersebut, ia optimistis tol ini bakal lebih nyaman dan aman untuk dilalui.

“Proyek tol ini melintasi tiga kabupaten dan kota yakni Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim. Berkat dukungan dari pemerintah daerah setempat juga yang membuat pembangunan jalan tol sesuai dengan targetnya,” kata dia.

Jalan Tol Trans Sumatera bertambah 11,8 kilometer (km) usai ruas Binjai-Langsa Seksi 1 Bijai Stabat mulai beroperasi pada Februari 2022. Dengan penambahan tersebut, panjang Jalan Tol Trans Sumatera mencapai 684,5 km.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...