Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Tanjung Priok Besok

Andi M. Arief
1 September 2022, 14:45
Kereta Cepat Jakarta Bandung
Dokumentasi KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Cina mulai tiba di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/9). Pengiriman rangkaian kereta cepat tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga 15 maret 2023.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC),  Rahadian Ratry, mengatakan bahwa pengiriman kereta cepat akan dilakukan secara bertahap. Pengiriman pertama yang akan tiba besok terdiri dari satu trainset electric multiple unit (EMU) dan satu trainset Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta insepksi.

Sementara pengiriman kedua adalah satu trainset EMU yang diprediksi tiba 4 September 2022. Pengiriman ketiga terdiri dari 3 trainset EMU yang rencananya akan tiba di Indonesia 25 Desember 2022.

Selanjutnya pada 25 Februari 2023 rencananya akan dikirim tiga trainset EMU. Terakhir yaitu pengiriman tiga trainset EMU kembali pada 15 Maret 2023.

Rahadian mengatakan, pengiriman kereta cepat dilakukan secara bertahap karena mempertimbangkan kapasitas kapal. Selain itu, pengiriman kereta cepat juga disesuaikan dengan kesiapan penampungan di Indonesia. 

"Artinya, kita sesuaikan dengan selesainya proses pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Rahadian di Jakarta, Kamis (1/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...