Ratusan Peternak Demo ke Istana Besok, Protes Harga Daging Ayam Anjlok

Tia Dwitiani Komalasari
6 September 2022, 12:16
Adhi pemilik peternakan ayam Bogor mengaku membuka usaha ayam potong adalah sebuah solusi dalam kondisi ini, Jawa Barat (31/8).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Adhi pemilik peternakan ayam Bogor mengaku membuka usaha ayam potong adalah sebuah solusi dalam kondisi ini, Jawa Barat (31/8).

Ratusan peternak ayam akan melakukan unjuk rasa di tiga lokasi, Rabu (7/9). Terdapat lima tuntutan yang akan disampaikan para peternak dalam unjuk rasa tersebut.

"Kami melakukan aksi damai untuk mendukung pemerintah dalam memperbaikin tata niaga ayam ras pedaging yang saat ini harga sarana produksinya tinggi dan tidak sesuai dengan harga jual ayam hidupnya," kata Ketua Komunitas Peternak Unggas Nasional, Alvino Antonio, melalui keterangan tertulis, Selasa (6/9).

Terdapat lima tuntutan yang diajukan:
1. Bebaskan kuota grand parents stock (GPS) atau indukan ayam
2. Perlindungan untuk UMKM kembalikan budidaya ke peternak UMKM minimal 80%
3. Turunkan harga pakan ternak
4. Turunkan harga DOC
5. Bentu badan perlindungan untuk menyerap hasil ternak UMKM dengan harga sesuai acuan Badan Pangan Nasional
6. Diduga terjadi kartel harga DOC dan pakan ternak.

Adapun aksi damai tersebut akan dilakukan di tiga lokasi yaitu Istana Negara, kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi.

 Pada akhir Agustus, mayoritas harga daging ayam di tingkat peternak anjlok maksimal senilai Rp 20.500 per ekor. Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia atau Pinsar menyatakan penurunan harga daging ayam utamanya disebabkan oleh kelebihan pasokan bibit ayam atau day old chick (DOC) hingga 40% dari total kebutuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...