Pengunjung Mal Membludak, Okupansi Hampir 100%

Beberapa mal tingkat kunjungannya sudah mencapai 100% pada saat-saat tertentu.
Image title
24 September 2022, 06:00
Pengunjung memadati pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Pengunjung memadati pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Pengunjung pusat perbelanjaan terus mengalami peningkatan dan menyamai masa sebelum pandemi. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menyatakan saat ini kunjungan mal atau pusat perbelanjaan saat ini harus mendekati kapasitas penuh. 

 "Beberapa pusat perbelanjaan kunjungannya sudah mencapai 100% pada saat waktu - waktu tertentu," ujar Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja, kepada Katadata.co.id, Kamis (22/09)

 Alphonzus mengatakan, tingginya tingkat kunjungan pusat perbelanjaan terjadi karena masyarakat sudah merasa bosan dan tidak bisa bepergian sejak pandemi. Saat ini, masyarakat memilih untuk berinteraksi sosial secara langsung.

 “Masyarakat Indonesia memiliki budaya berkumpul baik bersama keluarga maupun teman, tentu mereka akan memanfaatkan momen ini untuk bisa berbelanja ke pusat perbelanjaan secara langsung," ujar Alphonzus.

Advertisement

Dia juga mengatakan, pusat perbelanjaan menjadi salah satu tempat untuk memfasilitasi keperluan berinteraksi bersama keluarga atau teman-teman. Dengan demikian, tidak heran jika okupansi belanja masyarakat ke pusat perbelanjaan terus meningkat.

 Alphonzus juga tidak khawatir dengan adanya peningkatan pengunjung  karena saat ini kasus Covid-19 cukup terkendali dan pengelola mal atau pusat perbelanjaan selalu menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, pusat perbelanjaan menjadi sentra vaksinasi yang juga mendorong tingkat kunjungan ke mall.

“Kami menargetkan okupansi bisa 90% sampai akhir 2022, mengingat okupansi belanja masyarakat ke pusat perbelanjaan selalu meningkat” ujarnya.

Sebelumnya, selama pembatasan kegiatan masyarakat yang cukup ketat pada 2020 dan 2021, sektor ritel dan pusat perbelanjaan terpaksa tutup sehingga sangat terdampak.  Tren positif ini pun tentu dapat mendorong kepercayaan diri para pengelola mal untuk melebarkan sayap.

Terbukti terdapat terdapat mal baru yang akan dibuka di Jakarta selama 2022, menurut catatan Konsultan Real Estate Knight Frank.  Empat mal yang dibuka pada tahun ini, yakni: Thamrin Nine Mixed Used di Thamrin, Holland Village Mall di Cempaka Putih, MTC Tanah Abang di Tanah Abang, dan Sarinah Redevelopment di Thamrin.

 

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait