Tol JORR Layang Sepanjang 21,5 Km Akan Dibangun, Anggaran Rp 13,4 T

Nadya Zahira
28 Oktober 2022, 10:28
Pengendara mobil melintas di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Pengendara mobil melintas di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membuka tender untuk pembangunan proyek jalan tol layang Jakarta Outer Ring Road atau JORR Elevated. Jalan tol layang tersebut membentang sepanjang 21,5 kilometer km dengan titik awal di Jati Asih hingga persimpangan Ulujami. 

Proyek Tol JORR Eleveted merupakan kategori unsolicited yang diajukukan oleh konsorsium PT Nusantara Infrastructure, PT Triputra Utama Selaras, Adhi Karya (Parsero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk Proyek dengan masa konsensi 40 tahun dan biaya konstruksi diperkirakan sebesar Rp 13,4 triliun. 

Advertisement

Unit PT Nusantara Infrastructure yang mengerjakan proyek tol tersebut adalah PT Margautama Nusantara. Direktur Utama PT Margautama Nusantara, Danni Hasan, mengatakan tol tersebut bersifat bypass road. Nantinya, jalan tol akan tersambung dengan JORR 1 yang berada di Kebon Jeruk, disambung JORR 2 dan mulai masuk ke JORR Eleveted di Ulujami. 

Danni mengatakan, proyek tersebut saat ini masih dalam tahap pemilihan tender oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Menurutnya, alasan perseroan berpartisipasi pada proyek tersebut dikarenakan trafic yang tinggi pada ruas tol JORR.

Menurut Danni, JORR 1 dilewati kendaraan sebanyak 81.000 per hari, sedangkan JORR 2 seluruhnya dilewati sebanyak 100.000 kendaraan per hari. 

"Kenapa kita membuat ruas tol di Ulujami, karena konsentrasi traffic atau kemacetan di sana sangat tinggi," ujar Danni dalam media briefing di Jakarta, pada Kamis (27/10). 

Rute tol JORR layang

Proyek tol JORR elevated  direncanakan memiliki lebar lajur 3,5 m. Pembangunan tol tersebut memiliki tiga persimpangan jalan, diantaranya adalah JC Ulujami, Jagorawi, dan JC Jati Asih serta mempunyai dua  on atau off ramp yaitu di Pondok Indah dan Bambu Apus. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement