Kereta Api Pertama di Sulawesi Diuji Coba Gratis, Lewati Tujuh Stasiun

Tia Dwitiani Komalasari
31 Oktober 2022, 09:51
Kereta Api Sulawesi
Humas Kementerian Perhubungan
Kereta Api Sulawesi

Kementerian Perhubungan melakukan uji coba pengoperasin terbatas kereta api pertama di Sulawesi. Masyarakat dapat mencoba  kereta api Makassar-Parepare dengan tarif gratis.

Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulmafendi, mengatakan bahwa KA Andalan Celebes dapat ditumpangi masyarakat untuk lintas Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu selama masa uji coba pengoperasian  terbatas. Sementara lintas sebaliknya Stasiun Mangilu menuju Stasiun Garongkong akan dilayani oleh KA Lontara.

Zulmafendi mengatakan bahwa jalur KA kebanggan Bumi Celebes ini merupakan salah satu jalur KA di Indonesia yang menggunakan  jalur rel standar dengan lebar 1435 mm.

“Dengan lebar jalur tersebut, kereta api di Sulawesi ini akan mampu melesat lebih cepat dan lebih nyaman daripada kereta api di Pulau Jawa,” kata Zulmafendi melalui keterangan tertulis dikutip Senin (31/10).

Di samping itu, Zulmafendi juga menyebutkan bahwa jalur KA ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurut Zulmafendi, pemandangan indah di sepanjang jalur akan menjadi daya tarik wisata tersendiri. 

“Belum lagi banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe, hingga Wisata Mangrove Dewi Biringkassi,” urai Zulmafendi.

Ke depan, otoritas akan segera mengoperasikan Stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan obyek wisata Geopark Rammang-Rammang. Sehingga diharapkan kehadiran jalur KA ini dapat meningkatkan wisatawan di Sulawesi Selatan.

Lewati tujuh stasiun

Di tahap awal, uji coba pengoperasian terbatas kereta api akan melalui jalur sepanjang 66 km. Jalur tersebut melalui tuju stasiun yaitu:

1.  Stasiun Garongkong

2. Stasiun Barru

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...