Menteri PUPR Kebut Proyek Infrastruktur, Wajib Rampung Awal 2024

Nadya Zahira
31 Oktober 2022, 15:07
Sebuah mobil melintas di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Sebuah mobil melintas di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).

 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengintruksikan agar semua infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategi Nasional (PSN) maupun non-PSN harus sudah selesai pada Semester I-2024.

 "Karena tinggal 2 tahun lagi sisa kabinet Indonesia Maju, maka ini kita selesaikan sembari kita sisir,” ujar Basuki.,” ujar Basuki dalam Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Wilayah (Rakorbangwil) Tahun 2022 di Jakarta, Senin (31/10).

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR baru saja menerima Perpres nomor 20 tahun 2022 berupa penugasan khusus dari Presiden Joko Widodo kepada PUPR dalam rangka percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur. “Tetapi itu hanya untuk infrastruktur yang diperintahkan langsung oleh presiden pada saat kunjungan kerja atau rapat-rapat yang dipimpin oleh bapak Presiden,” ujar Basuki.

Dia mengatakan, pemerintah akan lebih selektif dalam menggarap proyek baru infrastruktur. Pembangunan batu hanya dilakukan pada infrastruktur yang dinilai dapat memberikan nilai tambah terhadap fungsi dan penyelesaian masalah kawasan. Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur tersebut harus dipastikan kualitasnya dengan baik agar pelaksanaanya tidak ada yang mangkrak.

 Basuki menjelaskan, pembangunan infrastruktur harus diutamakan prioritasnya terutama pada 2023 hingga 2024. Selain itu, Menteri PUPR juga menjelaskan mengenai OPOR atau operasi, pemeliharaan, optimalisasi, dan rehabilitasi pembangunan infrastruktur.

 “Jadi OPOR karena tinggal 2 tahun lagi sisa kabinet Indonesia Maju, maka ini kita selesaikan sembari kita sisir,” ujar Basuki.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...