Cegah Bandara Mati Suri, Menhub Ajak Pemda Berikan Stimulus Ini

Nadya Zahira
23 November 2022, 00:30
Sejumlah kendaraan terparkir di area Bandar Udara Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/8/2022).
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Sejumlah kendaraan terparkir di area Bandar Udara Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/8/2022).

Kementrian Perhubungan mengajak pemerintah daerah untuk mengeluarkan stimulus untuk memulihkan penerbangan ke daerah. Salah satunya dengan melalui sistem block seat sehingga penerbangan ke bandara-bandara di daerah tetap beroperasi dan tidak mati suri.

"Kami mendorong kehadiran pemda berupa dukungan stimulus pelayanan transportasi udara agar menjamin ketersediaan konektivitas di daerahnya, " ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat membuka rakor “Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara dan Dukungan Pemerintah Daerah”, di Jakarta, Selasa (22/11).

 Dia mengatakan, block seat merupakan kaminan keterisian penumpang oleh pemerintah daerah. Beberapa Pemda sudah melakukan stimulus ini.  Salah satunya Toraja yang memberikan keterisian penumpang atau block seat sekitar 60-70% dari total seat yang tersedia.

 Budi menuturkan, Pemprov dan Pemkab saling sharing untuk melakukan block seat, sehingga saat ini sudah ada penerbangan dua kali dari Makassar ke Toraja, dan juga menambah rute ke Balikpapan. Pemberian block seat tersebut dapat berlangsung selama 3-4 bulan pertama.

"Kami harap Pemda lain juga melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...