Kemenangan Jepang Atas Spanyol Diwarnai Gol Kontroversial

Tia Dwitiani Komalasari
2 Desember 2022, 08:20
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.
AP Photo/Luca Bruno
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Jepang kembali menciptakan sensasi besar dalam Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhir di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat dini hari (2/12).

Kemenangan Tim Samurai Biru tersebut ditentukan oleh gol sangat kontroversial dari Ao Tanaka pada menit ke-51.

Selama beberapa menit yang mendebarkan, Spanyol sepertinya sudah siap keluar ketika Kosta Rika sempat mengungguli Jerman 2-1 dalam pertandingan Grup E lainnya. Namun juara dunia 2010 itu lolos dari kegelisahan setelah Jerman balik mengalahkan Los menjadi 4-2.

Spanyol dan Jerman masing-masing mengumpulkan empat poin sampai laga terakhir tersebut. Namun demikian, La Roja yang berhak ke 16 besar karena memiliki selisih gol jauh lebih baik.

Gol kontroversial

Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya pada sebelas menit pertama. Tetapi Jepang secara dramatis membalas pada awal babak kedua lewat Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Dua pemain yang juga mencetak kedua gol Jepang saat mengalahkan Jerman dalam laga pertama itu membuat Samurai Biru secara sensasional bangkit dan berbalik menang 2-1.

Tetapi gol Tanaka pada menit ke-51 termasuk sangat kontroversial. Gelandang Jepang Ao Tanaka mengeksekusi bola kiriman umpan silang Kaoru Mitoma dan memasukkan gol ke gawang Spanyol. Namun bola  kiriman Kaoru Mitama itu disebut sudah keluar terlebih dahulu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...