Kemenangan Jepang Atas Spanyol Diwarnai Gol Kontroversial

Kemenangan Tim Nasional Jepang ditentukan oleh gol yang sangat kontroversial dari Ao Tanaka pada menit ke-51.
Tia Dwitiani Komalasari
2 Desember 2022, 08:20
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.
AP Photo/Luca Bruno
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Jepang kembali menciptakan sensasi besar dalam Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhir di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat dini hari (2/12).

Kemenangan Tim Samurai Biru tersebut ditentukan oleh gol sangat kontroversial dari Ao Tanaka pada menit ke-51.

Selama beberapa menit yang mendebarkan, Spanyol sepertinya sudah siap keluar ketika Kosta Rika sempat mengungguli Jerman 2-1 dalam pertandingan Grup E lainnya. Namun juara dunia 2010 itu lolos dari kegelisahan setelah Jerman balik mengalahkan Los menjadi 4-2.

Spanyol dan Jerman masing-masing mengumpulkan empat poin sampai laga terakhir tersebut. Namun demikian, La Roja yang berhak ke 16 besar karena memiliki selisih gol jauh lebih baik.

Gol kontroversial

Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya pada sebelas menit pertama. Tetapi Jepang secara dramatis membalas pada awal babak kedua lewat Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Dua pemain yang juga mencetak kedua gol Jepang saat mengalahkan Jerman dalam laga pertama itu membuat Samurai Biru secara sensasional bangkit dan berbalik menang 2-1.

Tetapi gol Tanaka pada menit ke-51 termasuk sangat kontroversial. Gelandang Jepang Ao Tanaka mengeksekusi bola kiriman umpan silang Kaoru Mitoma dan memasukkan gol ke gawang Spanyol. Namun bola  kiriman Kaoru Mitama itu disebut sudah keluar terlebih dahulu.

Setelah pemeriksaan VAR yang panjang, wasit Victor Gomes akhirnya diinstruksikan untuk mengesahkan gol tersebut. Gol inilah yang pada akhirnya membuat Jepang mengklaim kemenangan 2-1.

Pada saat-saat terakhir, Spanyol kesulitan menciptakan peluang gol akibat kokohnya pertahanan Jepang. Tim Asia ini berusaha keras menghindari kebobolan yang bisa memulangkan mereka lebih cepat dari turnamen Qatar ini.

Segera setelah wasit meniup panjang peluitnya, pemain-pemain Jepang larut dalam perayaan besar. Kemenangan atas Spanyol membuat mereka lolos ke 16 besar Piala Dunia. Ini merupakan keempat kalinya bagi timnas Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia.

Jepang akan menantang Kroasia dalam babak 16 besar, sedangkan Spanyol menghadapi Maroko.

 Piala Dunia sebagai turnamen tertinggi sepak bola ditonton oleh orang di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan Statista, rata-rata penonton yang menghadiri pertandingan piala dunia di stadion sejak 1986 di Meksiko sampai 2018 di Rusia sekitar 40 ribu hingga lebih dari 50 ribu penonton.

Sebanyak 3,03 juta orang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung di stadion. Kehadiran rata-rata pada pertandingan Piala Dunia tahun tersebut mencapai 47.371.

 

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait