Forum Kemitraan BUMN dan UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Nadya Zahira
2 Desember 2022, 14:52
Perajin membuat kain tenun dengan menggunakan mesin tradisional di tempat produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ija Kroeng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (10/9/2022).
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.
Perajin membuat kain tenun dengan menggunakan mesin tradisional di tempat produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ija Kroeng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (10/9/2022).

Forum Kemitraan Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau UMKM dengan BUMN dan Usaha Besar mempertemukan ratusan pelaku bisnis dari berbagai sektor usaha untuk melakukan penjajakan kerja sama. Pertemuan tersebut mencatatkan potensi kerja sama antara BUMN aau Usaha Besar dengan UMKM senilai Rp224,8 miliar. 

 

Advertisement

"Alhamdulillah dari hasil Forum Kemitraan UKM dengan BUMN dan Usaha Besar yang dilaksanakan pada 24 November lalu telah menghasilkan potensi kerjasama sebesar Rp 224,8 miliar," kata Menteri Koperasi dan UKM atau MenKopUKM, Teten Masduki, di Jakarta, Jumat (1/12).

 

Teten mengatakan, adanya kemitraan ini merupakan arahan dari Presiden Jokowi kepada beberapa kementerian. Hal ini bertujuan untuk mengintegrasikan UMKM ke dalam rantai pasok BUMN atau usaha besar. 

 Dalam Forum Kemitraan tersebut, tercatat sebanyak 630 UMKM yang langsung melakukan penjajakan usaha atau konsultasi dengan 17 BUMN dan Usaha Besar. Dari hasil penjajakan, potensi terbesar dihasilkan dari komponen atau spare part mesin yang diminta PT INKA.

Teten mengatakan, adanya penjajakan usaha atau konsultasi menjadi bukti bahwa kegiatan Forum Kemitraan dengan BUMN dan Usaha Besar disambut baik oleh para pelaku UMKM. Mengingat Forum Kemitraan ini sangat potensial, Teten mengusulkan agar diselenggarakan kembali forum serupa di tahun depan sehingga lebih banyak lagi pelaku UMKM, BUMN, dan usaha besar yang terlibat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement