Tiga Jalan Tol Baru di Sumatra Akan Dibuka Jelang Nataru

Tia Dwitiani Komalasari
9 Desember 2022, 06:15
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/nym.
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).

Tiga jalan tol baru dibuka untuk mendukung lalu lintas di Sumatra saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022-2023. Jalan bebas hambatan tersebut terdiri dari satu jalan tol yang siap beroperasi dan dua jalan tol yang dibuka fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung mobilisasi selama libur natal dan tahun baru.

"Itu didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya melalui keterangan tertulis dikutip Jumat (9/12).

Jalan tol baru di Sumatra yang akan dibuka jelang nataru adalah:

1. Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu

Ruas tol Seksi Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi akhir tahun ini. Jalan tol bebas hambatan ini memiliki panjang 16,7 km.

Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tanggal 25 Agustus 2022.

Kehadiran Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu juga akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai. Dengan demikian, jalan tol nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Untuk kedua seksi lainnya dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yakni Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang  sepanjang 54,5 km; dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung sepanjang 23,7 km saat ini masih dalam tahap persiapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...