Tiga Jalan Tol Baru di Sumatra Akan Dibuka Jelang Nataru

Tia Dwitiani Komalasari
9 Desember 2022, 06:15
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/nym.
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).

Tiga jalan tol baru dibuka untuk mendukung lalu lintas di Sumatra saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022-2023. Jalan bebas hambatan tersebut terdiri dari satu jalan tol yang siap beroperasi dan dua jalan tol yang dibuka fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung mobilisasi selama libur natal dan tahun baru.

"Itu didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya melalui keterangan tertulis dikutip Jumat (9/12).

Jalan tol baru di Sumatra yang akan dibuka jelang nataru adalah:

1. Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu

Ruas tol Seksi Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi akhir tahun ini. Jalan tol bebas hambatan ini memiliki panjang 16,7 km.

Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tanggal 25 Agustus 2022.

Kehadiran Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu juga akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai. Dengan demikian, jalan tol nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Untuk kedua seksi lainnya dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yakni Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang  sepanjang 54,5 km; dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung sepanjang 23,7 km saat ini masih dalam tahap persiapan.

2. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari enam seksi. Kontraktor telah menyelesaikan dan mengoperasikan seksi 2,3,dan 4.

Secara rinci, Seksi 2 yakni Seulimeum-Jantho sepanjang 6,26 km telah beroperasi pada 8 Maret 2022. Sementara Seksi 3 yakni Jantho-Indrapuri sepanjang 16,37 km telah beroperasi pada 26 Februari 2021. Seksi 4 yaitu Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 14,6 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Jelang libur nataru, pemerintah akan membuka seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km; dan seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km.Penyelesaian jalan utama kedua ruas ini ditargetkan selesai minggu ketiga Desember 2022.

Sedangkan untuk Seksi 1 Padang Tidji - Seulimum sepanjang 24,67 km saat ini progres lahannya sudah 97,35% dan progres konstruksi sebesar 82,35% dengan target rampung pada September 2023.

3. Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat

Ruas tol yang dibuka fungsional adalah Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km. Progres konstruksi Tol Tebing Tinggi-Indrapura sebesar 94,7% dengan target selesai akhir Desember 2022.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol, Triono Junoasmono, Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara. Hal itu mempertimbangkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan.

"Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti," ujarnya.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait