Impor Gula dari Australia Tiba di Indonesia Bulan Depan

Nadya Zahira
15 Desember 2022, 16:22
Perajin menuangkan gula pasir ke dalam baskom sebagai bahan baku pembuatan madumongso di Mojo, Kediri, Jawa Timur, Senin (11/5/2020).
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.
Perajin menuangkan gula pasir ke dalam baskom sebagai bahan baku pembuatan madumongso di Mojo, Kediri, Jawa Timur, Senin (11/5/2020).

Impor gula kristal rafinasi atau GKR dari Australia akan tiba di Indonesia pada awal 2023. Gula impor tersebut akan digunakan untuk memasok kebutuhan industri yang saat ini kekurangan stok.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang dalam proses impor gula rafinasi. Menurut dia, izin impor sudah dikeluarkan sejak pekan lalu.

Advertisement

Putu mengatakan, Indonesia impor gula dari sejumlah negara seperti Australia, Thailand, India, dan Amerika Latin. Kemungkinan besar impor yang paling cepat sampai adalah dari Australia karena jaraknya lebih dekat.

"Kira-kira sampainya awal tahun. Jumlah impornya tidak jauh dari tahun sebelumnya," kata Putu saat usai saresehan industri karet di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (15/12).

 Berikut enam negara asal impor gula Indonesia pada 2021, seperti tertera dalam grafik.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement