Ratu Plaza dan Plaza Semanggi Sepi Pengunjung Meski Lokasi Strategis

Nadya Zahira
15 Desember 2022, 18:44
Lotte Mart Indonesia akan tutup gerai di Ratu Plaza pada 1 Juni mendatang. Penutupan ini dikarenakan habisnya periode kontrak sewa.
Lotte Mart Indonesia / Youtube
Lotte Mart Indonesia akan tutup gerai di Ratu Plaza pada 1 Juni mendatang. Penutupan ini dikarenakan habisnya periode kontrak sewa.

Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta sepi pengunjung meskipun lokasinya strategis atau di pusat kota. Bahkan, pengusaha yang berjualan atau membuka kios di beberapa mal Jakarta sudah bengkrut lantaran tidak ada pembeli. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau APPBI, Alphonzus Widjaja, pusat perbelanjaan harus dapat merespon perubahan yang erat dengan gaya hidup. Perubahan tersebut seringkali terjadi dalam waktu singkat.

Advertisement

Dia mengatakan, fungsi mal saat ini bukan sekedar tempat berbelanja.  Pusat Perbelanjaan yang terus menerus hanya mengedepankan fungsi belanja maka akan langsung berhadapan dengan e-commerce.

"Terutama yang ada di kota-kota besar harus bisa menambahkan fungsi lain," ujar Alphonzus kepada Katadata.co.id, pada Selasa (13/12)

Alphonzus mencontohkan fungsi mal yang bertambah setelah adanya pandemi Covid-19. Mal saat ini menjadi hub koneksi sosial atau social connection hub dikarenakan sudah hampir tiga tahun masyarakat tidak bisa dengan bebas untuk berinteraksi dengan sesamanya secara langsung.

Sepi pengunjung

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, setidaknya terdapat tiga pusat perbelanjaan yang sepi pengunjung, yaitu:

1. Mal Blok M Square

Mal yang berdiri sejak 1978 tersebut kini terlihat sepi pengunjung. Sejumlah toko sudah menutup kiosnya. Padahal pusat perbelanjaan ini pernah menjadi tempat unggulan bagi anak muda di era 1990-an hingga 2000-an. 

2. Ratu Plaza 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement