Bulog Bakal Impor Beras 300 Ribu Ton Lagi Tahun Depan

Nadya Zahira
16 Desember 2022, 12:18
Pekerja mengangkut karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Perum Bulog mengklaim stok beras di seluruh gudang Bulog secara nasional sebanyak 600 ton tersebut dapat mencukupi kebut
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Pekerja mengangkut karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Perum Bulog mengklaim stok beras di seluruh gudang Bulog secara nasional sebanyak 600 ton tersebut dapat mencukupi kebutuhan di pasaran hingga akhir tahun 2022.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog berencana untuk melakukan impor beras lagi sebesar 300 ribu ton pada awal 2023. Sementara target impor beras hingga akhir tahun ini mencapai 200 ribu ton.

Dengan demikian, total impor beras yang dilakukan oleh Bulog mencapai 500 ribu ton. Barang impor tersebut akan menjadi cadangan beras pemerintah yang dikelola oleh gudang Buog di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan Bulog berupaya agar impor beras tidak bersinggungan dengan panen raya. Bulog memprediksi bahwa panen raya tidak akan terjadi pada Februari.

"Jadi kita targetkan impor beras sudah selesai hingga Februari. Setelah itu kita serap panen petani saat panen raya," ujarnya saat monitoring pembongkaran beras impor di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (16/12).

Impor perdana tiba di Tanjung Priok

 Dia mengatakan, impor beras tahun depan berasal dari Thailand, Vietnam, dan Myanmar. "Sebagian besar dari Thailand kalau tahun depan. Sekarang impornya ada yang dari Pakistan, tapi hanya sebagian kecil," ujarnya.

Sementara hingga akhir tahun ini, Bulog menargetkan impor beras hingga 200 ribu ton. Impor beras tersebut dilakukan secara bertahap dan langsung disebar ke 14 pelabuhan di seluruh Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...