Industri Kimia Rebound Setelah Terpuruk Akibat Kasus Gagal Ginjal

Nadya Zahira
30 Desember 2022, 17:26
Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak obat sirop di salah satu apotek di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/11/2022).
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/nz
Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak obat sirop di salah satu apotek di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/11/2022).

Indeks Kepercayaan Industri atau IKI pada Desember 2022 mencapai 50,9 atau naik tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 50,89. Berdasarkan IKI, terdapat sebelas sektor yang ekspansi dan 12 sektor yang kontraksi.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif, mengatakan bahwa 11 sektor yang ekspansi tersebut mencapai sebesar 74,9% dibandingkan angka Produk Domestik Bruto Triwulan III-2022. Angka kontribusi tersebut meningkat dari bulan sebelumnya yang mencapai 71,3%.

Sedangkan 12 subsektor yang mengalami kontraksi hanya mencapai 25,1% dari jumlah PDB triwulan III-2022. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan November 2022 yang mencapai 28,7%. 

Dengan demikian, IKI tetap tumbuh meskipun terdapat 12 subsektor yang kontraksi. Sayangnya Febri menolak menyebutkan secara rinci dari ke 12 subsektor tersebut yang masih mengalami kontraksi di bulan Desember ini.

Industri Kimia dan Farmasi Rebound

 Sepanjang Desember 2022, subsektor Industri Bahan Kimia dan Barang Kimia memiliki pertumbuhan tertinggi. Pasalnya sektor resebut bisa rebound dari kontraksi bulan lalu menjadi ekspansi pada bulan ini.

“Jadi meningkat nilai IKI nya, dari yang sebelumnya kontraksi pada bulan November, menjadi ekspansi di bulan ini,” ujar Febri saat konferensi pers Indeks Kepercayaan Industri 2022, Jumat (30/12).

Febri mengatakan, sub sektor bahan kimia dan barang kimia megalami perbaikan mata rantai baik di domestik maupun global sehingga pasokan bahan baku lancar. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan sehingga bisa memberikan kontribusi yang positif pada IKI.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...