Tips Tekan Biaya Umrah yang Meroket karena Tarif Hotel Mekah Naik 300%

Nadya Zahira
5 Januari 2023, 10:35
Umat Islam memberi makan burung usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Umat Islam memberi makan burung usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22).

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia atau AMPHURI biaya umrah saat ini naik karena harga hotel di Mekah dan Madinah melonjak hingga 300%. Kenaikan tarif hotel tersebut disebabkan karea membludaknya jamaah di seluruh dunia untuk umrah setelah Covid-29 mereda.

 Sekretaris Jenderal AMPHURI, Farid Aljawi, mengatakan bahwa pengelola travel umrah saat ini kesulitan untuk memesan kamar hotel di Mekah dan Madinah. Banyak kamar hotel yang telah habis terjual.

“Jadi saat ini kejadian di lapangan harga hotel naik hingga 300%, nah ini dimulai sejak kita booking kemarin di bulan September karena pembookingan untuk bulan November, Desember, Januari kita sudah mulai di bulan September. Nah di bulan September kita booking itu tidak ada kamar. Habis semuanya,” ujar Farid kepada Katadata.co.id, pada Rabu (4/1).

Tarif hotel yang melambung tinggi tersebut akan berdampak pada biaya umrah yang dibebankan pada konsumen. Farid pun memberikan solusi bagi jamaah agar calon jamaah bisa menekan biaya umrah yang dikeluarkan.

Berikut tiga tips menekan biaya umrah:

1.  Turunkan atau downgrade kelas hotel

Farid meyarankan pada agent travel umrah untuk melakukan komunikasi dengan jamaah mengenai harga hotel yang naik. Salah satu cara untuk mempertahankan biaya umrah adalah dengan menurunkan kelas hotel yang sebelumnya dipilih. 

"Tapi kami tekankan bahwa ini harus sesuai kesepakatan dengan jamaah," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...