Tarif Hotel di Tanah Suci Melonjak 300%, Biaya Umrah Naik

Nadya Zahira
4 Januari 2023, 17:55
Umat Islam berjalan keluar masjid usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Umat Islam berjalan keluar masjid usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22).

 Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia atau AMPHURI mengungkapkan bahwa harga hotel di Mekah dan Madinah untuk perjalanan ibadah haji serta umrah mengalami kenaikan hingga 300%. Kenaikan tersebut disebabkan oleh jumlah jamaah umrah yang melambung tinggi.

Sekretaris Jenderal AMPHURI Farid Aljawi mengatakan, pihaknya telah melakukan pemesanan kamar hotel di tanah suci sejak September 2022, untuk perjalanan haji dan umrah di bulan November, Desember 2022, hingga Januari 2023. Namun demikian, persediaan kamar hotel tersebut telah habis terjual.

Advertisement

“Jadi saat ini kejadian di lapangan harga hotel naik hingga 300%, nah ini dimulai sejak kita booking kemarin di bulan September karena pembookingan untuk bulan November, Desember, Januari kita sudah mulai di bulan September. Nah di bulan September kita booking itu tidak ada kamar. Habis semuanya,” ujar Farid kepada Katadata.co.id, pada Rabu (4/1).

Musim Liburan Sekolah

Farid menilai, kamar hotel untuk ibadah umrah dan haji ludes terjual akibat beberapa negara baru menerapkan kembali kebijakan untuk umrah dan haji. Beberapa negara tersebut seperti negara India dan Pakistan.

Selain itu ia memperkirakan bahwa ini merupakan liburan anak sekolah pertama setelah pandemi Covid-19 mereda. Momen liburan sekolah tersebut dimanfaatkan oleh orang tua untuk membawa keluarganya umrah.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement