FIFA Tunjuk Wasit Internasional Perempuan Pertama dari Arab Saudi

Tia Dwitiani Komalasari
6 Januari 2023, 09:40
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 No
AP Photo/Ricardo Mazalan
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Wasit internasional perempuan pertama dari Arab Saudi telah ditunjuk oleh FIFA pada Kamis (5/1). Penunjukan tersebut kurang dari satu tahun setelah debut tim nasional putri negara kerajaan itu.

Wasit perempuan tersebut bernama Anoud Al-Asmari. Lencana internasional Anoud Al-Asmari merupakan salah satu langkah terkini Arab Saudi dalam dunia sepak bola belakangan ini, setelah berhasil menggaet Cristiano Ronaldo bermain ke Liga Saudi Pro dan mempertimbangkan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia.

"Saya senang menjadi wasit perempuan pertama Arab Saudi yang menerima lencana internasional dalam sejarah olahraga Saudi," kata Asmari, salah satu dari delapan orang Arab Saudi dari panel internasional yang diluncurkan oleh federasi sepak bola dunia itu, kepada AFP.

Pimpin Laga Sepakbola Putra

Ketika ditanya bagaimana perasaannya memimpin laga sepakbola putra, Asmari (34) mengatakan ia tidak akan memikirkannya sebelum mendapatkan persetujuan dari federasi sepakbola Arab Saudi.

Di tengah faham konservatif yang kental di Arab Saudi, sejumlah peluang mulai terbuka dalam olahraga putri termasuk liga sepakbola putri yang telah dimulai pada November 2021.

Tim nasional putri pertama Arab Saudi mengalahkan Seychelles 2-0 dalam laga perdananya pada Februari tahun lalu. Veteran Jerman Monica Stapp, melatih timnas putri tersebut.

Arab Saudi telah mengajukan diri untuk menggelar Piala Asia putri 2026 dan satu-satunya yang menawarkan diri untuk edisi turnamen putra pada 2027. Pengajuan tersebut setelah negara tetangganya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia pada November dan Desember.

Negara itu juga mempertimbangkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 dengan Mesir dan Yunani.

Sementara otu, Argentina berhasil menjadi Piala Dunia 2022. Berdasarkan hasil analisis perusahaan machine learning, Pacmann, Argentina menjadi tim nasional alias timnas peserta Piala Dunia 2022 terpopuler di Twitter selama turnamen tersebut berlangsungdi Qatar.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait