Lima Perusahaan Bus Raksasa di Indonesia, Lebih Besar dari PO Haryanto

Nadya Zahira
9 Januari 2023, 18:24
Montir memperbaik bus Antar Kota Antara Provinsi (AKAP) di PO Gapuraning Rahayu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Montir memperbaik bus Antar Kota Antara Provinsi (AKAP) di PO Gapuraning Rahayu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022). .

Media sosial tengah dihebohkan kasus bos Perusahaan Otobus atau PO Haryanto yang memecat  putra kandungnya bernama Rian Mahendra. Sebelumnya, Rian menjabat sebagai Direktur Operasional PO Haryanto. 

Perusahaan Otobus tersebut dimiliki oleh Haryanto, purnawirawan TNI yang sebelumnya sempat menggeluti usaha angkot. Namun demikian, Haryanto banting setir membuka PO karena menilai usaha angkot akan redup setelah kemunculan ojek online. Setelah sempat jatuh bangun, PO Haryanto kini semakin berkembang memiliki 250 armada bus. 

Selain PO Haryanto, saat ini banyak perusahaan otobus raksasa di Indonesia. Mereka bahkan memilki ribuan armada.

Berikut 5 perusahaan otobus yang berjaya di Indonesia:

1. PO Sinar Jaya

PO Sinar Jaya sudah didirikan sejak 1982 oleh Herman Rusli dan Haji Rasyidin Karyana. PO Sinar Jaya merupakan moda transportasi terpopuler warga Jawa Tengah, khusus di kawasan pantura. 

Perusahaan Otobus tersebut saat ini semain ekspansif dan menaungi sejumlah PO di bawah bendera Sinar Jaya Group. Beberapa PO bus tersebut adalah DMI Daya Melati Indah, Sinar Shuttle, Sinar Jaya Langgeng Utama atau Starbus, Sinar Express, dan bus karyawan. 

Beberapa PO bus yang sudah disebutkan tadi berhasil melayani berbagai jurusan dari Jabodetabek, dengan berbagai kota tujuan di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke Sumatera. Sinar Jaya Group diperkirakan memiliki lebih dari 1.000 unit armada bus.

2. PO AKAS

Selanjutnya terdapat AKAS Group, yang tidak kalah berjayanya hingga saat ini. Telah berdiri sejak  23 Maret 1956, pemilik perusahaannya bernama Ali Karman Ahmad.  Nama AKAS berasal dari singkatan Ali Karman Ahmad Saudara.

PO AKAS sangat populer di kalangan pecinta bus khususnya Jawa Timur.  Prusahaan terus melebarkan sayapnya hingga dapat melayani trayek tujuan ke Bali.

Berkat kerja keras yang dilakukan oleh sang pendiri membuat perusahaan tersebut hingga saat ini, telah memiliki lebih dari 1.500 unit armada bus yang melayani berbagai trayek di Jawa Timur. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...