Sampoerna Eskpor Produk Tembakau Bebas Asap ke Filipina dan Malaysia

Nadya Zahira
12 Januari 2023, 15:25
Karyawan Sampoerna sedang memeriksa operasional fasilitas produksi melalui mesin yang terdigitalisasi.
Sampoerna
Karyawan Sampoerna sedang memeriksa operasional fasilitas produksi melalui mesin yang terdigitalisasi.

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) afiliasi dari Phillips Morris International atau PMI telah melepas ekspor perdana produk tembakau yang dirancang tidak memiliki asap atau bebas asap. Pengembangan produk nikotin  elektronik ini  merupakan hasil dari investasi Sampoerna senilai US$ 166 juta.

Ekspor perdana tersebut dilepas oleh Menteri Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, seara virtual, Kamis (12/1). Airlangga berharap investasi Sampoerna kedepannya dapat memberikan dampak yang positif bagi usaha mikro kecil menengah atau UMKM.

"Investasi ini juga diharapkan dapat memajukan kemitraan dengan petani," kata Airlangga.

Apa  Itu Produk Tembakau Tanpa Asap?

Produk ekspor tersebut adalah nikotin elektronik yang dirancang untuk memanaskan tembakau tanpa proses pembakaran. Dengan demikian, bahan yang dipanaskan berupa tembakau asli dan bukan cairan nikotin.

Produk ini diklaim dapat mengurangi dampak negatif asap rokok bagi lingkungan di sekitarnya. Hal itu berbeda dengan rokok konvensional yang merugikan orang lain karena ikut menghirup asap rokok.

Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Ardika mengatakan industri hasil tembakau memiliki kontribusi positif pada ekonomi nasional. Salah satunya melalui peningkatan ekspor produk hasil tembakau. 

"Kami mengapresiasi PT HM Sampoerna Tbk telah berkomitmen merealisasi investasi sebesar US$ 166,1 juta untuk produk inovatif ini., dengan kapasitas Rp 15,45 miliar batang per tahun," ujar Putu

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...