Industri Makanan dan Minuman Indonesia Masih Impor 65% Bahan Baku

Nadya Zahira
2 Maret 2023, 08:33
Pekerja menyiapkan gula pasir untuk disalurkan ke operasi pasar dan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gudang Perum Bulog Sub Divisi Regional Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Jumat (3/4/2020).
ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Pekerja menyiapkan gula pasir untuk disalurkan ke operasi pasar dan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gudang Perum Bulog Sub Divisi Regional Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Jumat (3/4/2020).

Indonesia masih impor 65% bahan baku Industri makanan dan minuman atau mamin. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian atau Kemenperin, Putu Juli Ardika, mengatakan bahan baku tersebut memang tidak bisa didapatkan di dalam negeri.

"Kita masih mengandalkan impor hingga 65% untuk bahan baku mamin yang kebutuhannya itu sebagian besar untuk industri mamin dari skala besar hingga kecil atau UMKM," ujar Putu kepada Katadata.co.id saat ditemui di Kantor Kemenperin, Rabu (28/2).

Putu mengatakan, bahan baku yang selalu diimpor oleh Indonesia adalah susu, gula, dan gandum. Dia mengatakan, impor tidak akan dilakukan jika dalam negeri masih bisa menghasilkan sendiri.

"Kalau masih bisa menghasilkan sendiri seperti basisnya perikanan, olahan-olahan, ya kita tidak impor. Kalau seperti tepung terigu harus kita impor bahan bakunya karena disini tidak bisa menanam gandum," ujarnya.

Dia menjelaskan, Indonesia masih mengimpor susu karena produksi susu dalam negeri masih terbatas. Menurut dia, peternakan di Indonesia masih perlu dikembangkan lagi.

Sementara alasan masih impor gula karena kebutuhan industri yang tinggi. Sementara pasokan dalam negeri masih jauh memenuhi kebutuhan industri.

"Gula ini demandnya besar sekali, sedangkan suplainya masih terbatas, terutama industri itu perlu dikembangkan khususnya untuk diluar Jawa," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...