Subsidi Kendaraan Listrik Dikritik Anies, Ini Jawaban Menperin

Nadya Zahira
9 Mei 2023, 14:44
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melambaikan tangan usai mengikuti rapat terbatas (ratas) terkait pupuk organik yang dipimpin Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melambaikan tangan usai mengikuti rapat terbatas (ratas) terkait pupuk organik yang dipimpin Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menanggapi kritik yang disampaikan oleh calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau KPP Anies Baswedan mengenai kebijakan subsidi kendaraan listrik. Menurut Agus, industri electric vehicle atau kendaraan listrik harus dilihat secara utuh dan tidak bisa dilihat hanya berdasarkan satu faktor saja. 

"Kalau kita melihat pengembangan industri electric vehicle itu jangan dilihat dari satu faktor saja, tetapi harus dilihat faktor secara utuh," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita  di Kantor Kementerian Kemenperin, Jakarta, Selasa (9/5)

Agus mengatakan, terdapat sejumlah keuntungan dari program subsidi kendaraan listrik. Pertama, insentif tersebut bertujuan untuk membantu Indonesia mencapai komitmennya dalam mengurangi emisi karbon. Sebagai informasi, Indonesia menargetkan mencapainet zero emission pada 2060. 

"Nah ini bagian yang tidak terlepaskan dari upaya kita, dan juga kita tidak boleh lupa bahwa pengembangan industri EV di Indonesia juga akan menciptakan tenaga kerja yang cukup tinggi di Indonesia," kata dia. 

Kedua, Agus mengatakan, insentif kendaraan listrik juga mendorong program hilirisasi terhadap sumber daya alam khususnya nikel. Melalui hilirisasi tersebut, pemerintah mendorong terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Harus kita lihat, karena ekosistem itu juga kita bentuk, dan manfaat serta tujuan yang saya sampaikan tadi tidak bisa dilihat hanya dari satu faktor saja," kata dia.

Anies Kritik Subsidi Kendaraan Listrik

Sebelumnya, Anies Baswedan menyampaikan pandangan berbeda mengenai subsidi kendaraan listrik yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya kebijakan tersebut tidak menuntaskan masalah polusi udara. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...