Indonesia Resmi Punya Pabrik Nikel Sulfat Terbesar di Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
1 Juni 2023, 17:28
Peresmian Pabrik Nikel Sulfat PT Halmahera Persada Lygend di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Rabu (31/5).
Harita Nickel
Peresmian Pabrik Nikel Sulfat PT Halmahera Persada Lygend di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Rabu (31/5).

Harita Nickel melalui unit bisnisnya PT Halmahera Persada Lygend resmi mengoperasikan pabrik  nikel sulfat pertama di Indonesia dan terbesar di dunia. Peresmian operasi produksi nikel sulfat dengan kapasitas 240 ribu ton per tahun tersebut dilakukan di kawasan operasional Harita Nickel di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (31/5). 

Peresmian operasi produksi nikel sulfat ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang diwakili , Septian Hario Seto. Nikel sulfat merupakan bahan utama penyusun prekursor katoda baterai kendaraan listrik.

Direktur PT Halmahera Persada Lygend, Tonny H. Gultom, mengatakan perusahaannya berkolaborasi dengan Lygend Resources Technology Co., Ltd, kembali mencatatkan sejarah baru dengan peresmian pabrik nikel-sulfat. Pada Juni 2021, perusahaannya juga telah menghasilkan Mixed Hydroxide Precipitate sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik dan menjadi industri pionir di Indonesia.

Tony mengatakan, pabrik nikel sulfat di Pulau Obi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Perseroan akan terus melakukan penyempurnaan dan meningkatkan kapasitas Nikel Sulfat hingga mencapai 240.000 metrik ton per tahun dan dengan kandungan nikel metal 54.000 ton per tahun. Kapasitas tersebut ditargetkan tercapai pada pertengahan kuartal II tahun 2023.

"Ekspor perdana nikel sulfat rencananya akan dilakukan pada Juni 2023," ujar Tonny.

Tonny mengatakan, Harita Nickel konsisten membangun industri pertambangan terintegrasi dari hulu hingga ke hilir di Pulau Obi. Hal itu dimulai dari pertambangan pada 2010 melalui PT Trimegah Bangun Persada Tbk.

Dia mengatakan, Harita Nickel telah menjalankan apa yang menjadi amanat dari pemerintah akan semangat hilirisasi. Sejak tahun 2015, Harita Nickel telah melakukan hilirisasi melalui pengolahan nikel kadar tinggi (saprolit) melalui PT Megah Surya Pertiwi dengan empat jalur produksi feronikel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...