Bocoran dari Badan Pangan: Harga Gula Akan Naik Tahun Ini

Tia Dwitiani Komalasari
8 Juni 2023, 16:35
Pekerja melakukan bongkar muat gula kristal putih impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Pekerja melakukan bongkar muat gula kristal putih impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Badan Pangan Nasional segera menyesuaikan Harga Pokok Penjualan atau HPP di tingkat petani dari Rp 11.500 per kg menjadi Rp 12.500 per kg. Dengan demikian,  Harga Acuan Penjualan atau HAP di tingkat konsumen juga akan terdongkrak menjadi Rp 14.500 per kg  di Jawa dan Rp 15.500 per kg di pulau terluar dan perbatasan.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa, mengatakan kebijakan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi gula dalam negeri.

Dia mengatakan, kebutuhan konsumsi gula dalam setahun sebanyak 3,4 juta. Jumlah itu belum termasuk kebutuhan stok akhir tahun sebanyak 1,4 juta ton.

Sementara produksi dalam negeri  diperkirakan hanya sebanyak 2,7 juta ton. Oleh sebab itu, pemerintah telah berencana untuk mengimpor gula sekitar 900 ribu ton.

"Untuk menggenjot produksi, Bapanas bersama kementerian/lembaga serta petani sepakat untuk menaikkan harga gula yang diharapkan mampu menggenjot produksi petani. Jika harga gula sesuai, maka ia yakin petani akan  menanam lebih banyak," kata Ketut dalam Musyawarah Kerja Nasional GAPGINDO di Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Tunggu Persetujuan Sekretariat Kabinet

Ketut menuturkan, usulan penyesuaian HPP dan HAP gula tinggal menunggu persetujuan dari Sekretariat Kabinet agar bisa dilakukan pembahasan final. Ia juga menjamin penyesuaian tersebut tidak akan berdampak signifikan pada inflasi

“Ini kebetulan pelibatannya semua pihak, ini saya lebih senang menyebutnya penyesuaian ya jadi penyesuaian yang wajar. Kita lakukan untuk mengantisipasi inflasi juga walaupun kami sudah menghitung dampak inflasinya sangat kecil,” tutur dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...