Masih Laku, Begini Cara Memulai Bisnis Kopi Susu Kekinian

Kopi susu kekinian masih banyak diminati masyarakat Indonesia hingga saat ini.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 November 2019, 10:59
Kopi Susu
Katadata

Mulai booming pada 2016, ternyata kopi susu kekinian masih banyak diminati masyarakat Indonesia hingga saat ini. Racikan espresso, susu, dan gula aren ini sejak tiga tahun belakangan tidak pernah sepi peminat. Ini tergambar dari banyaknya promo di aplikasi pengantar makanan online, hingga berjamurnya kedai kopi lokal dengan berbagai macam jenis minuman yang ditawarkan.

 

Orang-orang bisa menikmati racikan es kopi susu kekinian dengan harga sekitar Rp 17 ribu hingga Rp 25 ribu di kedai atau kafe dengan internet memadai dan bangku secukupnya. Bahkan kedai kopi khusus untuk pembelian online juga cukup ramai pembeli. Bagi para pebisnis, tentu hal ini merupakan peluang menjanjikan. Selain masih banyak diminati, modalnya hanya dari bahan-bahan sederhana. Nah untuk Anda yang berminat menekuni bisnis ini,  berikut beberapa langkah untuk memulainya.

 

Konsep dan Rasa adalah Kunci

Langkah pertama, membuat konsep kopi susu yang menarik untuk calon konsumen. Misal dari segi tempat membuat konsep kedai kopi yang instagramable sehingga konsumen betah mengobrol lama-lama. Atau konsep kedai kopi gerobakan yang hanya buka malam saja di depan parkiran sebuah ruko, dengan hiasan lampu natal dan bangku kayu vintage.

 

Selain tempat, penyajian menu minuman makanan juga beragam. Misalnya menjual kopi yang lebih ‘serius’, seperti manual brew atau single origin dengan nuansa kopi Indonesia. Makanan pun tak boleh kalah menarik. Bila dapur belum mencukupi untuk memasak makanan yang sulit, coba jual makanan pendamping untuk menikmati kopi, seperti aneka gorengan, roti bakar, dan lain sebagainya.

 

Elemen berikutnya yang paling menjual dari kopi susu kekinian adalah rasa yang original dan konsep yang menarik. Akhir-akhir ini banyak yang hanya menjual konsep saja tanpa mengedepankan rasa yang diberikan. Alhasil jualannya hanya laku di awal buka saja dan tidak bertahan lama di pasaran.

 

Lokasi Itu Penting

Jika sudah menemukan konsep bisnis es kopi susu yang sesuai keinginan, kini saatnya mulai mencari lokasi penjualan. Dalam strategi pemasaran, pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Semakin strategis, maka semakin tinggi pula tingkat penjualannya. Sebisa mungkin cari tempat yang dekat dengan keramaian. Misalnya daerah sekitar perumahan, kampus, perkantoran, atau sekolah. Agar lebih menarik perhatian, coba berinovasi membuat signage kedai. Buat dengan komposisi warna, logo yang eye catching, bukan hanya plang atau spanduk biasa.

 

Memilih Pemasok Kopi Terbaik

Kopi yang fresh umumnya berasal dari biji kopi yang digiling langsung atau bukan dari bubuk yang sudah jadi. Aromanya masih terasa meski sudah dicampur bahan lain. Jika ingin mengedepankan cita rasa, carilah pemasok kopi terbaik dan terpercaya. Banyak pemilik kedai kopi berburu biji kopi langsung dari petani di daerah. Harga biji kopi dari petani bervariasi bergantung pada kualitasnya. Harga kualitas standar kopi Arabica sekitar Rp 65.000 per kg dan kualitas terbaik Rp 100.000 per kg.

 

Siapkan Modal Usaha Matang-matang 

Ini poin yang paling krusial. Untuk membuka suatu bisnis yang tak main-main, siapkan modal sebijak mungkin. Nah, ada berbagai macam cara untuk mendapatkan pinjaman dana untuk modal berbisnis dan yang sedang marak saat ini adalah mendapatkan modal usaha dengan menggunakan pinjaman uang online.

 

Salah satu lembaga pinjaman online yang terdaftar di OJK dan memiliki bunga kompetitif adalah Kredivo. Hanya membutuhkan smartphone, KTP, dan terhubung ke akun internet banking, peminjam bisa mendapatkan cicilan tanpa kartu dengan limit hingga Rp 30 juta dan tenor tiga, enam, atau 12 bulan.

 

Kredivo juga sedang mengadakan promo akhir tahun yang bertema SALEamatan pada 12.12 nanti. Nikmati diskon cicilan hingga Rp 2,1 juta yang bisa digunakan untuk membeli beberapa kebutuhan utama, seperti mesin penyeduh kopi, grinder, saringan, alat saji, dan bahan baku selama satu bulan beroperasi di e-commerce kesayangan. Selain bisa memberikan pinjaman untuk modal usaha, Kredivo juga bisa menghemat modal usaha bukan?

 

Intinya, selama ada niat, keberanian, dan modal yang cukup, memiliki kedai es kopi susu sendiri bukan lagi sekedar angan-angan. Semoga sukses!

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait