Aktivitas Seru untuk Menikmati Idul Fitri di Rumah

Kata siapa di rumah saat lebaran membosankan. Setidaknya ada empat kegiatan dari pagi hingga malam yang bisa diikuti untuk merayakan hari kemenangan.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
5 Mei 2020, 13:27
HORSERACING-NATIONAL-VIRTUAL
ANTARA FOTO/REUTERS/Molly Darlington/aww/cf

Idul Fitri dimaknai sebagai hari kemenangan bagi umat Islam setelah berpuasa selama sebulan. Hari raya yang diawali dengan solat Ied berjamaah ini bisa dibilang momen spesial untuk saling bermaafan dengan sanak keluarga dan kerabat.

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa lebaran merupakan momen saling mengunjungi. Tapi Idul Fitri tahun ini kondisinya berbeda karena sedang pandemi virus korona. Imbauan pemerintah untuk melakukan pembatasan interaksi fisik membuat masyarat mau atau tidak harus menghabiskan hari raya di rumah.

(Baca juga : Manisnya Sirup Asli Indonesia untuk Teman Buka Puasa)

Kecewa lantaran kondisi yang ada? Bagi sebagian masyarakat, mungkin iya. Meskipun demikian, tetap ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Katadata merangkum empat kegiatan, antara lain :

1. Menonton film spesial lebaran

Setelah kenyang menyantap hidangan khas Idul Fitri pada pagi hari, Anda bisa menonton film favorit keluarga melalui layanan video-on-demand atau televisi berbayar. Atau, opsi lainnya adalah streaming.

Selain film, sebetulnya ada banyak konten tontonan lain yang bisa disimak, misalnya melalui Youtube seperti video blog. Tapi, jika ingin lebih hemat, silahkan nyalakan televisi Anda lalu pilih saluran dengan tayangan yang paling diminati.

2. Bermain board games

Hari memasuki siang, aktivitas menonton mulai membosankan, maka segera lakukan kegiatan lain, semisal bermain gim interaktif seperti board games. Sebaiknya Anda memilih permainan yang sesuai dengan batas usia, atau mencari board games yang cocok untuk semua segmen umur.

Opsi permainan papan alias board games, yaitu UNO, Monopoli, dan Ludo. Untuk mendapatkannya tidak harus pergi ke pusat perbelanjaan, Anda bisa belanja melalui platform daring, atau mengunduh melalui gawai masing-masing. 

(Baca juga : Industri Halal untuk Semua)

3. Karaoke via aplikasi ponsel

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah karaoke. Tentu, jangan karaoke di mal dulu karena sedang physical distancing, melainkan di rumah saja. Caranya mudah, nyalakan saluran karaoke di Youtube atau aplikasi pemutar musik lain. Kalau membuat playlist keluarga, tampaknya bernyanyi bersama menjadi semakin seru.

4. Masak hidangan malam bersama

Malam tiba, sembari bersantai menjelang waktu istirahat, cobalah bercengkrama bersama keluarga sambil minum teh atau kopi. Boleh pula memasak hidangan makan malam bareng, semisal daging barbeku. Intinya, menu bisa disesuaikan dengan kesukaan anggota keluarga. Soal resep jangan khawatir. Informasi resep di jagad maya bertebaran kok.  

Dengan demikian, Idul Fitri tetap khidmat dan seru meskipun kita di rumah saja.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Video Pilihan

Artikel Terkait