Pelaku Industri MICE Gelar Ajang Bisnis Virtual Pertama di Indonesia

MICE Day merupakan serangkaian acara yang akan mendukung acara besar tahunan yaitu IIME (Indonesia International MICE Expo) 2020.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 Mei 2020, 21:34
MICE Day 2020
Katadata

Wabah virus corona berdampak pada sejumlah sektor, termasuk industri Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions (MICE) di Indonesia. Untuk menjawab keresahan para pelaku industri MICE di masa pandemi, digelar ajang bisnis virtual yaitu MICE Day “Breaking the Barriers” pada 2 Juni 2020.

 

MICE Day merupakan serangkaian acara yang akan mendukung acara besar tahunan yaitu IIME (Indonesia International MICE Expo) 2020 yang akan digelar -pada Oktober mendatang.  

 

IIME 2020 yang digawangi oleh tiga pelaku usaha di industri MICE yang terdiri dari AlcorMICE, RajaMICE dan TripEvent. AlcorMICE adalah perusahaan yang membawahi beberapa unit usaha, salah satunya di bidang venue. Sedangkan RajaMICE merupakan perusahaan di bidang professional conference organizer dan TripEvent sebagai perusahaan yang mengelola trip and event management company.

 

CEO TripEvent Christovel menyampaikan format acara MICE Day “Breaking The Barriers” akan berbasis Online Trade Show yang merupakan event online pertama kalinya di Indonesia.

 

“Para attendance akan dipertemukan satu sama lain dengan sistem meeting one on one secara online. Peserta akan melakukan bisnis meeting as usual tetapi menggunakan paltform online, yang bertujuan untuk melakukan dealing – dealing khusus antar sesama pelaku usaha, dan sebagainya. Sehingga, harapannya setiap pelaku usaha dan industri dibidang MICE tetap memiliki pandangan positif meskipun kondisi sekarang sedang tidak bersahabat,”  jelasnya.

 

Co-founder AlcorMICE Jim Tehusijarana mengatakan MICE Day  merupakan platform yang akan mendukung para pelaku usaha dan industri di bidang MICE untuk tetap bisa mengadakan meeting, menggali potensi, saling bertukar pikiran dan memberikan informasi terbaru mengenai keadaan kondisi masing – masing.

 

“MICE Day diharapkan akan berguna untuk saling support dan tetap memiliki perencanaan serta harapan di waktu yang akan datang dalam menghadapi situasi sulit ini,” kata Jim.

 

Co-founder IIME Panca R. Sarungu menambahkan diperlukan kerja sama untuk menghadirkan event ini sehingga kami melakukan kolaborasi juga bersama perusahaan besar di Indonesia dan Singapura.

 

“Kami juga bekerja sama dengan Katadata perusahaan asal Indonesia yang merupakan perusahaan media, data dan riset online di bidang ekonomi dan bisnis akan berperan sebagai media partner. Sedangkan perusahaan asal Singapura yaitu Jublia turut berkolaborasi sebagai penyedia alat dalam bidang networking business matching untuk event yang akan digunakan oleh semua peserta MICE Day,” jelas Panca.

 

MICE Day “Breaking The Barriers”, akan ditutup dengan webinar bertajuk “Masa Depan Industri MICE Pascapandemi Covid-19” dengan panelis yang berasal dari Indonesia yaitu delegasi perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Dr. Mulya Amri PhD (Research Director of Katadata Insight Center), Wita Jacob (Chairman, Indonesia General Manager Hotel Association, Jakarta Chapter) dan Errol Lim (COO at Jublia) sebagai panelis berasal dari Singapura.

 

KATADATA FORUM VIRTUAL SERIES
MICE DAY BREAKING THE BARRIERS (Katadata)
 

Tentang  Alcor MICE

Alcor Mice merupakan group perusahaan yang memiliki dan mengelola tiga aula multi-fungsi di Jakarta yaitu The Kasablanka Hall, Upperroom dan Sutera Hall. Saat ini kami memiliki sekitar 30.000 meter persegi ruang yang tersedia untuk mengakomodasi berbagai jenis acara dengan ukuran yang berbeda.

Dalam dua bangunan yang ada sekarang, kami melakukan rata-rata 500 acara setiap tahun dan dengan fasilitas baru yang akan datang kami berharap dapat melayani sekitar 1000 acara di tahun 2021. Selain venue kami juga memiliki catering, sound serta lighting yang bisa di sewakan di luar gedung yang kami punya.

 

Tentang RajaMICE

RajaMICE adalah Professional Convention Organizer (PEO) dan Professional Exhibition Organizer (PEO) yang berdedikasi dalam industri pariwisata.  Jaringan utama RajaMICE telah menyebar ke seluruh kota MICE yang populer di Indonesia, saat ini RajaMICE mendukung kebutuhan perusahaan, rumah insentif, asosiasi profesional dan lembaga pemerintah. RajaMICE juga menyelenggarakan acara B2B (bisnis ke bisnis) dan B2C (bisnis ke pelanggan) konferensi nasional dan internasional, seminar, upacara penghargaan pariwisata, dan pameran lainnya. HIngga saat ini RajaMICE telah mengagas dan menyelengarakan 50 lebih event terkait Pariwisata di Indonesia.

 

Tentang Jublia

Jublia.com mendukung perusahaan penyelenggara event dengan Platform AI-Engagement Total yang canggih untuk acara Fisik, Virtual, dan Hibrida. Teknologi kami mencocokkan individu dan konten untuk menciptakan pertemuan bisnis yang sukses dan pencarian konten yang bermakna. Kami melakukan ini melalui pendekatan berbasis data yang dibangun di atas dasar Algoritma Rekomendasi. Jublia adalah pemimpin global dalam bidang teknologi acara. Berkantor pusat di Singapura, kami bermitra dengan penyelenggara acara dari setiap belahan benua di dunia.

 

Tentang TripEvent
TripEvent adalah perusahaan penyelenggara sebuah perjalanan dan acara. Kami membantu klien untuk merancang sebuah perjalanan dan acara ke berbagai destinasi di seluruh dunia. Mulai dari perencanaan konsep, riset, survei, seleksi vendor lokal, rekrutmen tim dan yang paling penting adalah implementasi dari setiap pengaturan secara detil. Para profesional muda yang tergabung di perusahaan kami, sangat baik dalam mengatur acara perusahaan seperti perjalanan insentif, meeting, seminar, konferensi, gala dinner, talkshow dan acara lainnya. Kami telah menerima banyak pengakuan dalam menangani proyek-proyek korporasi dari berbagai sektor bisnis baik untuk acara berskala besar, puluhan, ratusan atau bahkan ribuan peserta di berbagai tujuan seperti Eropa, Asia Pasifik, Australia, domestik Indonesia, Amerika, Timur Tengah dan negara-negara lain.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait