BNI: Musim Banjir, Maksimalkan Layanan Elektronik

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memastikan layanan perbankan elektroniknya tetap optimal untuk digunakan, selama musim banjir.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
2 Januari 2020, 20:33
Salah satu Posko Bantuan yang didirikan untuk membantu korban banjir di bawah koordinasi Posko Kementerian BUMN. Salah satu posko ini terdapat di Kantor Cabang Utama Bekasi, Jawa Barat.
dok. BNI
Salah satu Posko Bantuan yang didirikan untuk membantu korban banjir di bawah koordinasi Posko Kementerian BUMN. Salah satu posko ini terdapat di Kantor Cabang Utama Bekasi, Jawa Barat.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memastikan layanan perbankan elektroniknya tetap optimal untuk digunakan, selama musim banjir. Pelayanan perbankan digital BNI ini akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan transaksi keuangan, termasuk di kawasan yang dilanda bencana.

Pilihan terbaik saat kondisi cuaca tak menentu adalah menggunakan layanan perbankan elektronik (e-banking) BNI, yaitu mulai dari menggunakan aplikasi New BNI Mobile Banking, SMS banking, internet banking, mesin anjungan tunai (ATM), kartu prabayar (BNI TapCash), hingga berbagai layanan berbasis EDC di Agen-agen Lakupandai BNI atau Agen46. Layanan e-banking ditawarkan sebagai salah satu solusi saat banjir yang membuat akses masyarakat ke beberapa gerai  di kawasan bencana menjadi sangat terbatas. 

Sementara itu, ada 13 gerai (dari total 2.247 gerai per September 2019 lalu) yang terdampak banjir, sehingga tidak dapat beroperasi pada 2 Januari 2020. Ke-13 gerai tersebut adalah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Green Garden, KCP Green Ville, Kantor Cabang (KC) Daan Mogot, KCP Puri Indah, Kantor Kas (KK) Puri Kembangan, KK Green Lake, KCP City Resort, KK Taman Ratu, KCP Babek, KCP KBN Cakung, KCP Tubagus Angke, KCP Telok Gong, dan KK Taman Harapan Indah.

Pada Kamis (2 Januari 2020) ini, operasional dari 13 gerai tersebut dialihkan ke gerai-gerai terdekat. KCP Green Garden layanannya dialihkan ke KCP Graha Elok Mas,  KCP Green Ville dialihkan ke KCP Tanjung Duren, KCP Puri Indah dialihkan ke KCP Puri Kencana, lalu KK Puri Kembangan dialihkan ke KCP Puri Sentra Niaga. Selain itu KK Green Lake layanannya dialihkan ke KCP Semanan. pelayanan KCP City Resort dialihkan ke KCP Taman Kencana, KK Taman Ratu dialihkan ke KCP Graha Elok Mas, dan  KCP Babek layanan dialihkan ke KCP KBN Marunda dan KK Kalibaru, adapun KCP KBN Cakung dialihkan ke KK Sukapura dan KCP KBN Marunda. Tiga gerai lainnya, yaitu KCP Tubagus Angke layanannya dialihkan ke KCP Bandengan, KCP Telok Gong dialihkan ke KCP CBD Pluit, dan KK Taman Harapan Indah dialihkan ke KCP Jembatan lima.

Gerai tersebut tidak dapat beroperasi karena beberapa sebab, yaitu karena masih ada genangan di banking hall, akses jalan masuk ke lokasi gerai masih banjir, dan akses di jalan masih tertutup banjir. Terdapat sekitar 161 ATM yang berhenti beroperasi karena menunggu aliran listrik kembali normal.  “Pelayanan tetap kami maksimalkan. Seluruh pegawai dari keempat gerai yang terkena banjir, kami minta untuk turut membantu pelayanan di gerai-gerai lain. Masyarakat kami himbau segera menggunakan pelayanan yang disediakan melalui electronic channel kami, agar transaksi tetap dapat dilakukan meskipun berada di kawasan bencana,”  jelas Corporate Secretary BNI Meiliana. 

BNI mencatat adanya pertumbuhan layanan yang berbasis digital. Pertumbuhan jumlah pengguna New BNI mobile banking yang hingga akhir September 2019 lalu meningkat 76,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2018, dengan jumlah transaksi yang meningkat 133,4 persen pada September 2019 dibandingkan September 2018. Begitu juga dengan nilai transaksi, meningkat 104,4 persen pada September 2019 dibandingkan September 2018.

Bantuan Bersama Posko Kementerian BUMN

BNI memberikan bantuan kemanusiaan  untuk para korban banjir, sebagai bagian dari rangkaian bantuan yang diberikan oleh berbagai BUMN, di bawah koordinasi Kementeerian BUMN, yaitu *Posko BUMN*. Bantuan yang diberikan pada masa-masa awal terjadinya bencana dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darurat korban banjir, terutama makanan siap santap, bahan makanan siap saji, selimut, perlengkapan bayi, hingga pakaian. 

BNI menjadi salah satu kontributor bantuan untuk kawasan bencana di Jakarta Timur, terutama korban bencana yang ada di sekitar gerai. Salah satu bentuk bantuannya adalah dengan mendirikan Posko Bantuan Kemanusiaan di BNI Kantor Cabang Jatinegara, Jakarta, dan Bekasi, Jawa Barat  yang akan menjadi pusat pendistribusian bantuan di masa tanggap darurat untuk banjir. BNI juga membuka Dapur Umum di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta untuk memasok kebutuhan makanan bagi korban banjir.

Selain itu, BNI menyediakan perahu karet untuk membantu evakuasi korban di berbagai lokasi banjir yang cukup parah, antara lain Ciledug dan Bekasi. Perahu karet juga digunakan untuk memobilisasi bantuan ke lokasi-lokasi yang masih terendam dan sulit diakses. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait