Nasional

3/4/2019, 10.35 WIB

Prabowo dan Jokowi Tanggapi Tuduhan Khilafah dan Komunis

Kedua calon presiden mengeluh sering mendapatkan serangan fitnah dari para pendukung lawan masing-masing. Dalam debat keempat yang berlangsung pada Sabtu 30 Maret lalu, baik Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, membantah tuduhan yang sering dilontarkan kepada mereka.

Prabowo mengeluhkan tuduhan seolah-olah dirinya sebagai pendukung khilafah. Dia menegaskan bahwa tak ada niat sama sekali dirinya mengubah ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Bahkan dia mengatakan latar belakang keluarganya yang berbeda-beda agama sebagai bukti menolak khilafah.

Menanggapi hal itu, calon presiden nomor urut 01 Jokowi mengatakan dirinya pun mendapat tuduhan sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) selama masa pemerintahannya. Dia berharap para politikus dapat memberikan contoh kepada pendukungnya untuk saling menghormati dan tidak melontarkan tuduhan kepada lawannya.

Debat Pilpres 2019 yang bertemakan Ideologi, baik Jokowi dan Prabowo menyepakati metode menumbuhkan nilai Pancasila tanpa indoktrinasi, lewat pendidikan Pancasial dalam pendidikan bangsa mulai dari usia dini.