Ridwan Kamil Batal, Golkar Lirik Duet Dedi Mulyadi-Deddy Mizwar

Dimas Jarot Bayu
18 Desember 2017, 18:28
Dedi Mulyadi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi (tengah) bersama Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat MQ Iswara (kiri) menunjukkan surat permohonan Munaslub Partai Golkar, Rabu (6/12).

Partai Golkar secara resmi mencabut dukungan untuk Ridwan Kamil di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018. Airlangga Hartarto, ketua umum Golkar yang diangkat dalam rapat pleno, telah mengantongi pengganti Ridwan dan akan mengumumkan dalam waktu dekat. 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, kandidat yang berpeluang diusung dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat adalah Bupati Purwakarta yang juga Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi. "Iya pasti. Dedi Mulyadi," kata Bobby ketika dihubungi Katadata, Senin (18/12).

Bobby mengatakan, Dedi berpeluang maju untuk menguatkan konsolidasi internal di Jawa Barat. "Strategi ini juga sejalan dengan penguatan elektoral Presiden Jokowi sebagai calon Presiden Partai Golkar di wilayah Jawa Barat," kata Bobby.

(Baca: Survei: Pamor Golkar Bakal Naik Dipimpin Airlangga Hartarto)

Bobby mengatakan, Golkar membuka opsi untuk memasangkan Dedi dengan Wakil Gubernur petahana Jawa Barat Deddy Mizwar. Menurut Bobby, opsi dipasangkannya Dedi dengan Deddy karena diyakini akan meningkatkan elektabilitas. "Diyakini bisa melengkapi dan memperluas basis pemilih dari Dedi Mulyadi," kata Bobby.

Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar telah melakukan penjajakan pada awal November lalu. Ketika itu, baik Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar gagal dicalonkan oleh partainya masing-masing sebagai kandidat di Pilkada Jabar.

Bobby pun menyebut jika partai berlambang pohon beringin itu berpeluang membuka poros baru dengan PAN dan PKS yang telah lebih dulu menyatakan dukungannya kepada Deddy Mizwar. Namun, hal ini menurutnya baru akan diputuskan setelah Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...