Dante Saksono, Ahli Molekuler Diabetes Pertama RI Jadi Wamenkes

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 Desember 2020, 09:53
wakil menteri, dante saksono, wakil menteri kesehatan
Antara
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono

Presiden Jokowi melantik enam menteri baru dan lima wakil menteri pada Rabu (23/12). Lima wakil menteri yang dilantik adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Pahala Manshury dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Selain itu, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra, Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi , dan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Syarif Hiariez

Dante Saksono (47) merupakan ahli molekuler diabetes pertama di Indonesia yang menyelesaikan pendidikan S3 bidang Molecular Diabetes di University of Yamanashi, Jepang pada 2005-2008. Dante aktif di organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Dante mengambil jurusan molekular diabetes karena memang belum ada ahlinya di Indonesia. Padahal Dante hanya mendapat beasiswa satu tahun dari tiga tahun masa pendidikan.  "Saya nekat berangkat. Saya mengambil molekuler diabetes karena saat itu belum ada ahli di Indonesia yang belajar molekuler diabetes," kata Dante dikutip dari Detik.com.

Awalnya untuk membiayai kuliahnya Dante bekerja serabutan di antaranya menjadi tukang masak di McDonald. Kemudian dia bekerja sebagai asisten profesor sehingga mendapatkan gaji dari universitas.

Sebelum meraih gelar PhD, Dante kuliah S1 kedokteran umum di Universitas Indonesia pada 1997. Kemudian dia melanjutkan pendidikan spesialis penyakit dalam di universitas yang sama pada 2004.

Setelah baru lulus kuliah S1, Dante sempat merasakan menjadi dokter di beberapa daerah terpencil. Dante pernah menjadi Kepala Puskesmas di Batang Asai, Jambi, daerah yang ketika itu belum terjamah listrik. Pengalamannya bekerja ini yang membuatnya makin mencintai dunia kedokteran.

Ayah dari dua anak ini memiliki karier panjang di dunia kedokteran. Dia menjabat Ketua Divisi Metabolik Endokrin FKUI, Kepala Pusat Diabetes di Paviliun Kencana FKUI, Dokter spesialis di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Dokter spesialis di RS Royal Progress Sunter dan Dokter spesialis di RS MMC Kuningan.

Dikutip dari situs Alodokter, jasa konsultasi Dante Rp 800 ribu per pertemuan di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Selain memberikan jasa konsultasi, Dante menjabat sebagai Komisaris Pertamina Bina Medika, holding Rumah Sakit BUMN.

Penghargaan yang pernah didapat Dante antara lain Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...