Jokowi Resmikan Pasar Besar Ngawi yang Berkonsep Bangunan Gedung Hijau

Rizky Alika
17 Desember 2021, 17:24
Jokowi, Blora
Kementerian Perhubungan
Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan Budi Karya meresmikan Bandar Udara Ngloram, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jumat (17/12/2021).

Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Besar Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Pasar tersebut menerapkan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH).

"Pasar ini dibangun sebagai sebuah pasar modern yang berbasis bangunan gedung hijau," kata Jokowi di Pasar Besar Ngawi, Ngawi, Jumat (17/12).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021, BGH merupakan bangunan gedung yang memenuhi standar teknis bangunan gedung dan memiliki kinerja terukur dalam penghematan energi, air, dan sumber daya lainnya.

Kepala Negara mengatakan, pasar tersebut memiliki luas bangunan 15.940 meter persegi. Adapun, fasilitas di dalamnya mencakup 291 kios, 244 los, dan 20 los kering.

Jokowi berharap pasar tersebut bisa menjadi pusat aktivitas perdagangan di Ngawi. Dengan demikiaan, pasar itu akan menjadi pengungkit pergerakan ekonomi masyarakat Ngawi dan sekitarnya. "Ini untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi setelah pandemi," ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, total kios di Pasar Besar Ngawi mencapai 1.116 kios untuk 1.098 pedagang. Adapun, pasar dibangun berdasarkan amanat Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 dan Peratran Presiden Nomor 43 Tahun 2019 lantaran pasar sudah tidak memnuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152 terkait pasar rakyat.

Sebelumnya, Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan pasar besar yang direhabilitasi pada 1990-an memang tidak mengadopsi sisi kenyamanan maupun proteksi keamanan. Untuk itu, pemerintah membangun Pasar Besar Ngawi.

Budi berharap pasar tersebut menjadi lebih modern sesuai dengan perkembangan zaman serta berbasis BGH. “Keberadaannya bisa menjadi referensi pusat perekonomian yang aman dan nyaman,” katanya seperti dikutip dari situs berita pemerintah Kabupaten Ngawi.

Dengan revitalisasi ini, minat masyarakat untuk berbelanja di Pasar Besar Ngawi bisa kembali, “Semoga dengan pasar bernuansa modern dengan konsep BGH, mampu menumbuhkan minat konsumen berbelanja di pasar, dengan begitu perekonomian masyarakat di Ngawi meningkat,” katanya.

Advertisement

Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement