Bela Terawan, Anggota DPR Protes Keputusan IDI

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 Maret 2022, 11:10
Terawan,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) bersama Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Sekretaris Utama BNPB Harmensyah (kiri) mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Keputusan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memecat mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendapat sorotan banyak pihak. Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning Proletariyati mempertanyakan IDI yang memecat Terawan secara permanen.

“Kenapa dia harus diberi sanksi bahkan dipecat seperti itu?,” kata Ribka dalam cuplikan video yang dikutip dari Antara, Senin (28/3).

Ribka menilai Terawan tidak melakukan kesalahan yang fatal maupun kesalahan yang merugikan orang banyak. Dia menyebut banyak dokter lainnya yang melakukan malpraktek tetapi bisa terlepas dari sanksi karena memiliki ikatan profesi dokter yang begitu kuat.

“Melakukan DSA (Digital Substraction Angiography) enggak pernah ada korban, baik dari pejabat maupun sampai dengan tingkat rakyat biasa. Dilakukan dengan baik-baik,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Bidang Penanggulangan Bencana ini.

Ribka pun membela keterlibatan Terawan dalam kampanye vaksin Nusantara. Dia mengapresiasi langkah Terawan ketika negara mengimpor vaksin dari luar negeri.

“Dia punya keyakinan bahwa suatu saat kita pasti bisa membuat vaksin, apalagi semakin ke sini, pernyataan Pak Jokowi semakin jelas bahwa kita harus mencintai produk dalam negeri,” kata Ribka.

Ribka pun memandang bahwa Terawan telah berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat luas melalui ilmunya sebagai seorang dokter. Dia pun sangat menyayangkan keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) yang memberhentikan Terawan dari IDI secara permanen.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay pun menyayangkan IDI yang memecat Terawan. Dia menyatakan Terawan sebagai salah satu dokter terbaik yang dimiliki Indonesia.

"Bahkan tidak berlebihan bila disebut bahwa RSPAD menjadi salah satu rumah sakit besar yang berkualitas baik berkat tangan dingin dokter Terawan," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Saleh mengusulkan agar Kementerian Kesehatan memfasilitasi pertemuan antara IDI dan Terawan. "Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tidak boleh tinggal diam," kata dia.

Penyebab Terawan Dipecat: Vaksin Nusantara dan Terapi Cuci Otak

Promosi Vaksin Nusantara dan metode cuci otak yang aktif dikerjakan oleh Terawan menjadi salah satu penyebab utama pemberhentian mantan Menteri Kesehatan itu dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...