Luhut dan Projo Hadiri Silatnas KIB, Sinyal Didukung Jokowi?

Image title
6 Juni 2022, 15:26
Projo, KIB,
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Tiga partai politik yakni Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menandatangani nota kesepahaman membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Penandatanganan dalam acara bertajuk Silaturahim Nasional pada Sabtu (4/6) lalu dihadiri beragam tokoh politik.

Tampak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan juga Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi hadir dalam pertemuan tersebut. Kehadiran dua tokoh yang dekat dengan Presiden Joko Widodo menimbulkan dugaan istana memberikan dukungan kepada KIB.

Advertisement

Budi Arie Setiadi mengatakan kedatangannya terkait dengan pemilihan presiden 2024. Sebab sebagai relawan, pihaknya spesialis dalam pemilihan presiden. "Pemilu 2024 itu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden itu serentak, partai mengurusi pileg dan Projo spesialis Pilpres," kata Budi, dikutip dari Antara, Senin (6/6).

Dalam silaturahmi tersebut Budi Arie nampak duduk satu meja bersama Luhut yang juga merupakan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menilai KIB merupakan upaya menaikkan posisi tawar politik untuk menghadapi Pilpres 2024. "Selain sebagai ajang konsolidasi, Silaturahim Nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa kita baca sebagai sarana menaikkan daya tawar poros politik KIB," kata Arif Nurul Imam.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Magelang, Jawa Tengah, 21 Mei 2022, Jokowi meminta agar Projo tak terburu-buru membahas calon presiden 2024. “Meskipun, meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini,” kata Jokowi ketika itu.

Banyak yang menafsirkan pernyataan Jokowi itu ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menghadiri acara tersebut.

Berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 cenderung mendukung Ganjar Pranowo jika Gubernur Jawa Tengah ini maju dalam Pilpres 2024. Meski demikian, tren dukungan pemilih Jokowi terhadap Ganjar sebagai calon presiden menurun pada penghujung kuartal I 2022.

Respons PDIP Atas Kehadiran Dua orang Dekat Jokowi

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan tanggapan soal kehadiran Pro Jokowi (Projo) dan Luhut dalam pertemuan KIB. Hasto mengatakan partainya tak ingin mencampuri urusan parpol lain, termasuk kehadiran Projo dalam agenda KIB.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement