Ikuti Jejak Tesla, Ford Jajaki Bikin Kendaraan Listrik di Indonesia

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Juni 2022, 17:38
Tesla, Ford, Luhut
YouTube
Ilustrasi kendaraan Ford.

Perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Co, dikabarkan melirik Indonesia sebagai tempat investasi produksi kendaraan listrik. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tim Ford akan mengunjungi Indonesia pada 20 Juni mendatang, mengikuti langkah Tesla Inc.

Luhut mengatakan Ford tertarik dengan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang tersedia dari hulu hingga hilir. “Ford datang tanggal 20 Juni, semua mau investasinya dengan sistem end-to-end,” kata Luhut dalam rapat kerja dengan Banggar DPR, Kamis (9/6).

Luhut mengatakan kunjugan Ford ini setelah beberapa waktu lalu tim Tesla mengunjungi mengunjungi pabrik tambang nikel di Morowali, Sulawesi Tengah dan Kawasan Industri Hijau di Tanah Kuning, Kalimantan Utara. 

Luhut mengatakan Indonesia menyediakan industri kendaraan listrik yang terintegrasi. "Mereka tahu semuanya efisiensi di Indonesia," kata dia.

Ford merupakan salah satu pabrikan yang sedang mengembangkan kendaraan listrik. Pada Maret lalu, Ford mengumumkan belanja untuk kendaraan listrik sebesar US$ 50 miliar hingga 2026.

Ford menargetkan memproduksi 2 juta kendaraan listrik per tahun secara global pada akhir 2026. Jumlah ini sekitar sepertiga dari produksi global.

Kunjungan Tim Tesla ke Indonesia

Tim Tesla menyatakan kekagumannya setelah mengunjungi pabrik tambang nikel milik PT Vale Indonesia Tbk di Morowali. "Waktu timnya Tesla datang ke Morowali dan Vale, mereka terkagum-kagum luar biasa," kata Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...