Jokowi Guyur Ratusan Miliar untuk Atlet dan Pelatih Sea Games ke-31

Andi M. Arief
13 Juni 2022, 11:24
Jokowi, Sea Games
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Atlet Angkat Besi Indonesia Nurul Akmal (tengah), Zul Ilmi (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan) menunjukkan medali yang diraihnya di ajang SEA Games 2021 Vietnam setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022).

Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang berprestasi di SEA Games ke-31 di Vietnam senilai Rp 162,5 miliar.  Prestasi Indonesia di SEA Games ke-31 naik menjadi di posisi ketiga, dari pencapaian SEA Games ke-30 yang berada di peringkat keempat.

Presiden mengatakan kali ini sebanyak 82% dari total atlet atau 408 berhasil membawa medali ke Tanah Air dairi SEA Games ke-31. "Semoga ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada para atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional apapun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (13/6).

Presiden memberikan bonus kepada para atlet Sea Games ke-31 dengan rincian untuk atlet mencapai Rp 130,5 miliar. Sedangkan para pelatih dan asisten pelatih memperoleh Rp 32 miliar.

Bonus yang diberikan kepada atlet disesuaikan dengan prestasi yang diraih. Bonus terbesar akan diterima oleh peraih medali emas yang bermain tunggal, sedangkan yang terendah diberikan kepada medali perunggu dalam persaingan beregu.

Kepala Negara memberikan bonus tersebut secara simbolis yang diwakili lima atlet. Kelima atlet tersebut berasal dari cabang olah raga dayung, panahan, karate, catur, voli pantai, renang, dan e-sport.

Pada SEA Games ke-31, Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora)  mengirim jumlah atlet lebih sedikit dibanding sebelumnya. Pada Sea Games kali ini, sebanyak 499 atlet yang dikirim. Jumlah ini lebih rendah 40,66% dari jumlah atlet yang dikirim ke SEA Games ke-30 sebanyak 841 atlet.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...