Bos Boeing Temui Airlangga dan Sri Mulyani, Tawarkan Bisnis Dirgantara

Abdul Azis Said
16 Juni 2022, 10:56
Boeing, pesawat
BOEING
Boeing Co meluncurkan pesawat jet 777X yang disebut sebagai pesawat penumpang komersial terpanjang di dunia, Jumat (15/3).

Presiden Boeing Internasional Michael A. Arthur menemui beberapa pejabat pemerintah, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Saat bertemu dengan Airlangga, bos Boeing itu membahas potensi investasi untuk industri kedirgantaraan di dalam negeri. 

Arthur menemui Airlangga pada Selasa (14/6) dan kemudian menemui Sri Mulyani pada Rabu (15/6). Kementerian Keuangan tak menjelaskan apakah dalam pertemuan dengan Sri Mulyani membahas potensi bisnis.  "Ini hanya pertemuan courtesy saja, diskusi mengenai prospek ekonomi Indonesia," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Rahayu Puspasari melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Kamis (16/6).

Dalam pertemuan dengan Airlangga, bos Boeing menawarkan peluang offset scheme terhadap pembelian pesawat, baik sipil maupun militer.

Airlangga mengatakan tawaran tersebut membuka peluang Boeing berinvestasi di Indonesia. Investasi tersebut dapat berupa kegiatan usaha di bidang industri pembuatan komponen pesawat, perawatan pesawat, serta pendirian lembaga-lembaga pendidikan untuk pilot, teknisi, dan tenaga-tenaga ahli lainnya, yang berhubungan dengan industri kedirgantaraan.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga juga memaparkan langkah-langkah dukungan yang sudah dilakukan pemerintah untuk industri kedirgantaraan dalam negeri. Dukungan tersebut antara lain pembuatan roadmap dan regulasi oleh Kementerian dan Lembaga (K/L) teknis tentang peningkatan kompetensi SDM kedirgantaraan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...