Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week Baim Wong dll Potensi Ditolak

Rizky Alika
26 Juli 2022, 17:07
citayam fashion week
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Aktris Gisella Anastasia bersama temannya berjalan memperagakan busana di kawasan Stasiun BNI City, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencatat ada dua pihak yang mengajukan permohonan hak merek Citayam Fashion Week. DJKI menyebutkan tidak semua permohonan merek dapat disetujui.

"Semua pihak dapat mendaftarkan mereknya di DJKI sepanjang didasarkan pemohon yang beritikad baik, berintegritas, serta memenuhi persyaratan," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu, seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (26/7).

Razilu mengatakan ada fakta awal bahwa nama Citayam Fashion Week sudah digunakan sebelumnya oleh komunitas untuk kegiatan kreatif secara komunal di Sudirman, Jakarta. Jika dalam pemeriksaan substantif terbukti nama tersebut menjadi milik umum, merek Citayam Fashion Week kemungkinan akan ditolak pendaftarannya.

“DJKI menilai permohonan tersebut masih awal jadi tidak perlu dikhawatirkan akan terjadi monopoli terkait penggunaan nama tersebut,” ujar Razilu.

Permohonan Baim Wong Masih Tercatat 

Adapun, persyaratan pengajuan hak merek itu telah diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Saat ini ada dua dari tiga pemohon yang mendaftarkan hak merek Citayam Fashion Week. Hanya satu yang mengajukan penarikan pendaftaran yaitu Indigo Aditya Nugroho.

Dua permohonan yang masih berposes mengajukan permohonan merek Citayam Fashion Week adalah PT Tiger Wong Entertaiment dan Indigo Aditya Nugroho pada 21 Juli 2022. Selanjutnya, Daniel Handoko Santoso yang mengajukan permohonan merek dengan nama sama pada 24 Juli 2022.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...